Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Kodim Bakal Terus Tingkatkan Pengamanan Batas Wilayah

Senin 05 Oct 2015 17:38 WIB

Rep: c12/ Red: Friska Yolanda

Presiden Jokowi saat memeriksa pasukan di HUT TNI ke-70 di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Senin (5/10).

Presiden Jokowi saat memeriksa pasukan di HUT TNI ke-70 di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Senin (5/10).

Foto: Setkab

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Komando Distrik (Kodim) 0609 Kabupaten Bandung akan meningkatkan pengamanan di batas-batas wilayah yang masuk ke dalam kewenangannya. Ada tiga wilayah yang termasuk kewenangan Kodim, yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan Kota Cimahi.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Kav Pemuda Leonard Ginting, menuturkan, pengamanan tersebut amat penting dilakukan mengingat secara historis Kodim 0609 itu terdiri dari tiga wilayah, yakni Kabupaten Bandung, KBB, dan Kota Cimahi.

"Makanya, kegiatan peringatan HUT TNI ini disinergikan dengan semua kepala daerah masing," ujar dia usai menghadiri upacara HUT TNI di lapangan upacara di Kompleks Pemerintahan KBB, Senin (5/10).

Kebersamaan di antara tiga wilayah itu, menurut dia, menjadi dasar untuk memberikan keamanan pada tiap wilayah. Sekaligus, untuk meredam potensi kekisruhan di mana pun itu. 

Leonard mengklaim, selama ini Kodim 0609 juga ikut berkontribusi menyukseskan program TNI soal pembangunan sejuta jamban se-Indonesia. Untuk wilayah Kodim 0609 sendiri, yang ditargetkan sebanyak 350 jamban, saat ini sudah 300 jamban yang dibangun. 

Bupati Bandung Dadang Naser, yang juga turut hadir pada upacara perayaan HUT TNI itu, mendukung upaya pengamanan Kodim 0609 di wilayah perbatasan. Selain itu, menurut dia, memang perlu adanya saling gotong-royong di antara tiga wilayah itu. 

"Harus chemistry memang. Jangan sampai ada ego sektoral. Sama-sama melakukan komunikasi antarwilayah. Dengan begitu pembangunan masyarakat juga makin bagus," kata dia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA