Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Pasar Lembang Ditargetkan Dibangun Akhir Tahun Ini

Ahad 03 Apr 2016 20:00 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih

 Warga melihat Pasar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, yang hangus terbakar, Jumat (15/5).  (Republika/Edi Yusuf)

Warga melihat Pasar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, yang hangus terbakar, Jumat (15/5). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Pembangunan Pasar Panorama Lembang ditargetkan dibangun pada akhir tahun ini. Bulan ini, Pemkab Bandung Barat pun akan mulai melakukan pelelangan untuk pembangunan pasar yang beberapa waktu lalu terbakar itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya menuturkan, pembangunan tersebut akan dimulai pada November tahun ini. Sedangkan untuk lelangnya, akan dimulai pada April ini. "Ya jadi mulai dibangunnya nanti pada November tahun ini," kata dia, belum lama ini.

Maman mengakui, saat ini sudah banyak investor yang mengajukan untuk ikut dalam tender pembangunan pasar tersebut. Namun, prosedur pelelangan harus diikuti oleh seluruh calon investor yang mengajukan.

Saat ini, kata dia, besaran anggaran untuk pembangunan pasar masih belum diketahui. Besaran tersebut baru bisa diketahui setelah proses lelang selesai. Kalau untuk kajian Detail Engineering Design (DED), lanjut dia, memang sudah rampung. Namun, nilai taksiran proyek pembangunan tersebut tentu harus diajukan terlebih dulu oleh calon investor.

Pengelolaan pasar tersebut nanti akan menggunakan konsep kerja sama Bangunan Guna Serah (BGS) berdasarkan kesepakatan dalam kontrak. Melalui konsep tersebut, investor memiliki kewenangan untuk membangun dan mengelola berdasarkan jangka waktu yang ditentukan.

Pembangunan pasar Panorama Lembang nanti tetap akan mempertahankan ketradisionalan pasar tapi tetap memiliki nilai modern. Konsep tradisional ini akan dipadukan dengan keberadan objek wisata di Lembang. Dalam pasar itu juga akan dipamerkan hasil-hasil produk khas baik itu dari Lembang ataupun wilayah lain di KBB.

"Jadi wisatawan yang ke Lembang juga bisa sekalian melihat produk-produk khas kita, tempat penjualannya dipusatkan di pasar itu," kata dia.

Maman menjelaskan, luas bangunan pasar yang akan dibangun yakni seluas 7.237 meter persegi dari total lahan seluas 21.843 meter persegi. Bangunannya, berdasarkan desain saat ini yakni terdiri dari tiga lantai. Maman berharap, nantinya warga KBB dapat memanfaatkan keberadaan pasar Panorama Lembang sebagai pusat kegiatan perdagangan di Lembang

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA