Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Jatim Bakal Jadi Acuan Pelayanan Publik Nasional

Selasa 02 Aug 2016 21:25 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: M Akbar

Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur

Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Provinsi Jawa Timur akan dijadikan sebagai provinsi percontohan terhadap inovasi layanan publik secara nasional di bidang pelayanan publik.

Penyataan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur dalam acara Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Tahun 2016 di Pemprov Jatim dan Kabupaten/Kota se Jatim di Kantor Dispenda Provinsi Jatim, Surabaya, Selasa (2/8).

Menpan RB menilai, banyak inovasi dan kreativitas pelayanan publik dari Jatim yang telah menjadi inspirasi nasional. Salah satunya, kata dia, pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang menggunakan teknologi dan sistem sehingga memudahkan masyarakat.

Selain Pajak Kendaraan Bermotor, Menpan RB juga mengapresiasi inovasi layanan publik Pemkab Banyuwangi yang memberikan akta kelahiran kepada bayi yang baru dilahirkan. Selain itu, ia menyebut layanan-layanan teknologi seperti penggunaan IT kepada desa yang bertujuan memudahkan akses pelayanan masyarakat bisa dilakukan secara cepat dan akurat.

“Kita harapkan Jatim bisa menjadi role model nasional pelayanan publik bagi daerah-daerah lain di Indonesia. Semangat kerja tersebut patut diapresiasi, mengingat Jatim merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Mudah mudahan inovasi yang telah dilakukan di Jatim bisa menginspirasi nasional di bidang pelayanan publik,” jelasnya.

Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan Asman Abnur sebagai menteri baru yang harus didukung. “Beliau saat ini masih mempelajari program. Kunjungan ke Jatim dan di Samsat ini salah satu cara untuk melihat bentuk empirik dari implementasi program di lapangan,” ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA