Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Mantrijeron Lakukan Langkah Awal Turunkan Angka Kemiskinan

Jumat 03 Nov 2017 10:49 WIB

Rep: Eric Iskandarasyah Z/ Red: Endro Yuwanto

Kemiskinan, ilustrasi

Kemiskinan, ilustrasi

Foto: Pandega/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA -- Jumlah penerima Kartu Menuju Sejahtera (KMS) di wilayah Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta, pada 2017 mencapai 1.483. Melihat angka tersebut, Camat Mantrijeron Guritno menginisiasi sebuah kegiatan sebagai wujud kerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di tingkat Kecamatan Mantrijeron.

TKPK Kecamatan Mantrijeron 2017 melakukan pendataan rapor keluarga plus. Buku rapor keluarga yang nantinya diisi oleh keluarga penerima KMS mengadopsi format dan parameter yang dimiliki oleh rapor keluarga versi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta.

"Penambahan beberapa poin dalam isian lampiran bertujuan lebih menggali informasi, terkait aspek-aspek yang dapat dilakukan intervensi untuk mempercepat pengurangan angka kemiskinan, khususnya di wilayah Kecamatan Mantrijeron," ujar Guritno, Jumat (3/11).

Guritno berharap, hasil pendataan tersebut dapat menjadi dasar perencanaan program pemberdayaan yang diharapkan sesuai dengan kemauan dan kebutuhan penerima KMS. Sehingga angka kemiskinan di wilayah Kecamatan Mantrijeron dapat menurun dari tahun ke tahun.

Pelaksanaan pengisian rapor keluarga plus yang akan dilaksanakan mulai 6 November hingga 30 November 2017 diawali dengan melakukan pembekalan kepada para fasilitator untuk 55 RW se-Kecamatan Mantrijeron. Pada pembekalan Selasa (31/10), disampaikan mekanisme pendataan oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Kecamatan Mantrijeron Goenawan berikut tata cara pengisian buku rapor keluarga plus oleh M Nurbuwono.



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA