Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Soekarwo: Indonesia Merdeka karena Harapan dan Pengorbanan

Jumat 10 Nov 2017 16:19 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Joko Sadewo

Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Gubernur Jawa Timur Soekarwo

Foto: Republika/Soekarwo

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, Indonesia bisa merdeka karena adanya harapan dan pengorbanan dari semua rakyat. Oleh sebab itu, harapan dan rasa rela berkorban kepada tanah air yang menjadi syarat utama dalam memerdekakan Indonesia dari belenggu penjajah, wajib dirawat eksistensinya.

"Tujuannya adalah agar Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan menjadi bagian penting bagi dunia," kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, di Tugu Pahlawan, surabaya, Jumat (10/11).

Pakde Karwo menjelaskan, harapan menjadi pemantik pahlawan dalam memproklamirkan kemerdekaan. Bahkan, harapan itu menurutnya adalah modal penting yang menimbulkan optimisme dalam hidup dan membuka segenap potensi.

Selain harapan, lanjut Pakde Karwo, kehidupan bernegara ini hanya bisa terwujud, serta menjadi lebih baik dan maju kalau semua mau berkorban. "Selain itu, juga mau memberi dan mengabdikan hidup untuk merawat," tambah Soekarwo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA