Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Cegah Banjir, Pemkot Padang Perkuat Penghijauan

Selasa 28 Nov 2017 07:41 WIB

Red: Hazliansyah

Penghijauan (ilustrasi)

Penghijauan (ilustrasi)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar memperkuat penanaman pohon atau penghijauan di sekitar pinggir sungai guna mencegah banjir dan longsor.

"Upaya ini harus dilakukan meski hasilnya tidak bisa cepat, namun keberadaan tanaman di sekitar sungai dapat menahan abrasi," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, dikonfirmasi di Padang, Selasa.

Menurutnya penghijauan yang tepat dilakukan yakni di bagian hulu sungai sebab. Saat terjadi hujan dapat menangkap air dan menahan luapan hingga ke hilir.

Untuk itu pihaknya bersama masyarakat secara rutin melakukan penanaman pohon produktif di sepanjang hulu sungai, seperti tiga bulan lalu di Lambung Bukik dan Limau Manis.

Meskipun demikian, penghijauan juga dilaksanakan di sepanjang sungai bagian hilir, seperti penanaman tumbuhan sukun di wilayah aliran Batang Arau. Di mana aliran itu dekat dan menjorok langsung ke muaro atau laut.

"Kami mengajak warga untuk ikut mendukung dan berpartisipasi dalam penghijauan tersebut, " ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang Al Amin menambahkan pemilihan tanaman yang dijadikan penghijauan tidaklah sembarangan.

Pertimbangannya secara fisik tanaman itu memiliki akar yang kuat dan batang yang kokoh namun juga produktif. Artinya manfaatnya bukan semata untuk mencegah banjir saja namun juga dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA