Kamis, 18 Ramadhan 1440 / 23 Mei 2019

Kamis, 18 Ramadhan 1440 / 23 Mei 2019

ASN dan Warga Sukabumi Sumbang Rp 779 Juta untuk Rohingya

Selasa 09 Jan 2018 23:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah warga Rohingya beraktivitas di kamp pengungsian internal Sittwe, negara bagian Rakhine, Myanmar (ilustrasi)

Sejumlah warga Rohingya beraktivitas di kamp pengungsian internal Sittwe, negara bagian Rakhine, Myanmar (ilustrasi)

Foto: Antara/Willy Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Para aparatur sipil negara (ASN) dan elemen masyarakat di Kabupaten Sukabumi menunjukkan kepeduliannya kepada warga Rohingya, Myanmar. Hal ini dibuktikan dengan adanya donasi kemanusiaan yang dikumpulkan hingga mencapai Rp 779 juta.

Informasi dari Pemkab Sukabumi menyebutkan, penggalangan dana Rohingya ini didasarkan intruksi Bupati Sukabumi Marwan Hamami tentang bantuan kemanusiaan untuk membantu dan bersedekah kepada warga Rohingya. Instruksi tersebut ditindak lanjuti oleh para ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi serta para donatur dari berbagai lembaga serta elemen masyarakat secara bersama-sama mengumpulkan dana tersebut. "Kegiatan ini berhasil mengumpulkan anggaran sebesar Rp 779.000.000," ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri dalam keterangan persnya Selasa (9/1).

Dana yang terkumpul ini, dia mengatakan, diserahkan kepada Habib Ali Alhamid selaku perwakilan Hilal Merah Indonesia yang merupakan relawan peduli Rohingya. Iyos menerangkan, acara penyerahan dana bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Rohingya Myanmar tersebut dilaksanakan di Aula Sekretariat Daerah (Seta) Kabupaten Sukabumi Palabuhanrat. Ia berharap dana ini diharapkan bisa membantu meringankan beban rakyat Rohingya.

"Semoga dengan apa yang dilakukan ini dapat mendorong dan menciptakan masyarakat yang religius," kata Iyos. Di mana kata dia masyarakatnya memberikan kepedulian pada nasib warga Rohingya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi Iwan Ridwan selaku ketua penyelenggara pengumpulan dana tersebut menambahkan, sumbangan yang dihimpun oleh Dinas Sosial disetor langsung pada tim peduli Rohingya Kabupaten Sukabumi melalui rekening bank BJB. Selain itu, dia mengatakan, juga  melalui Baznas Kabupaten Sukabumi dihimpun melalui rekening Baznas Kabupaten Sukabumi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA