Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Puluhan Ribu Pekerja di Semarang Belum Terlindungi

Selasa 30 Jan 2018 15:32 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi

Pekerja

Pekerja

Foto: Republika/Raisan Al farisi
Potensi untuk memperluas cakupan perlindungan tenaga kerja ini masih cukup besar.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Guna memperluas cakupan tenagakerja yang belum terlindungi, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran terus menyosialisasikan agen Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai). Perisai, yang menjadi program nasional tahun 2018 ini, memungkinkan jangkauan perlindungan tenaga kerja yang tidak dapat dilakukan oleh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

"Sasarannya meliputi tenaga kerja perusahaan mikro kecil yang bukan penerima upah (BPU) dan tenaga kerja sektor informal," kata Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran,Suryadi, di Hotel C3 Ungaran, Selasa (30/1).

Ia mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2015, populasi peduduk Kabupaten Semarang mencapai 900 ribu jiwa lebih. Dari jumlah ini, potensi perlindungannya mencapai sekitar 500 ribu jiwa.

Dari 500 ribu jiwa potensi ini, yang sudah menjadi peserta perlindungan tenaga kerja baru sekitar 140 ribu di antaranya. Artinya, potensi untuk memperluas cakupan perlindungan tenaga kerja ini masih cukup besar, mencapai 360 ribu jiwa.

Masih dari data BPS tersebut, lanjut Suryadi, populasi tenaga kerja paling besar ada di sektor mikro dan petani. Untuk terjun langsung menjangkau potensi perlindungan ini, jelasnya, BPJ SKetenagakerjaan Cabang Ungaran yang wilayah kerjanya meliputi Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga memiliki keterbatasan.

"Sehingga BPJS Ketenagakerjaan Cabang Ungaran berupaya mendorong cakupan perlindungan tenaga kerja ini melalui agen atau Perisai," katanya.

Suryadi juga menjelaskan program nasional ini sebelumnya telah dirintis selama tiga bulan di Kabupaten Sleman pada tahun 2017. Di mana lima orang Perisai mampu mengakuisisi hingga 2.900 orang.

Oleh karena itu, di tahun 2018 iniprogram Perisai ini didorong lebih masif secara nasional dengan target hingga10 ribu perisai di seluruh tanah air. Salah satunya di Kabupaten Semarang yangmenjadi wilyah kerja BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Ungaran.

Saat ini di Kabupaten Semarang sudah ada yang menjadi Perisai dan siapapun segmen masyarakat berkesempatan yang samauntuk menjadi agen ini, sepenjang persyaratan dan ketentuannya terpenuhi. Terutama yang memiliki jaringan luasdengan masyarakat di perdesaan. Seperti kelompok- kelompok tani, paguyuban pekerja non formal dan lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA