Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Kesenian Hadroh Meriahkan Lombok Umrah dan Haji Expo

Ahad 20 May 2018 17:17 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Budi Raharjo

Lomba seni musik yang bernafaskan Islami seperti Hadroh memeriahkan Lombok Umrah dan Haji Expo 2018 di Kompleks Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Pulau Lombok, Provinsi NTB.

Lomba seni musik yang bernafaskan Islami seperti Hadroh memeriahkan Lombok Umrah dan Haji Expo 2018 di Kompleks Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Pulau Lombok, Provinsi NTB.

Foto: Republika/Fuji E Permana
Kebudayaan Hadroh di NTB sudah sangat tua

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Lomba seni musik yang bernafaskan Islami seperti Hadroh dan Marawis memeriahkan Lombok Umrah dan Haji Expo 2018 di Kompleks Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB), Kota Mataram, Pulau Lombok, NTB. Lomba Hadroh dan Marawis tersebut diselenggarakan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI).

Juri lomba Hadroh dan Marawis dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia Propinsi NTB, Johan mengatakan, ada delapan peserta lomba Hadroh. Mereka berasal dari madrasah, pesantren dan sekolah menengah atas. Penampilan para peserta lomba Hadroh cukup antusias. "Dari lomba ini yang penting mereka bisa tampil, nanti mereka bisa dikembangkan lagi," kata Johan kepada Republika di Lombok Umrah dan Haji Expo, Ahad (20/5)

Ia menerangkan, para peserta lomba Hadroh akan dinilai instrumennya, permainan musiknya, vokalnya, ekspresi dan penampilannya. Cara menilainya tidak jauh berbeda dengan para juri lomba menyanyi.

Juri lomba Hadroh dan Marawis lainnya, Warsaidarto menerangkan, kebudayaan Hadroh di NTB sudah sangat tua artinya ada sejak dulu. Sekarang kesenian tersebut sedang dikembangkan lagi karena sebelumnya hampir punah. "Sebelumnya Hadroh hanya ada di daerah tertentu, di sana masih digunakan untuk acara kawinan (pesta pernikahan) dan lain-lain," ujarnya.

Ia mengatakan, sekarang kesenian Hadroh sudah ada di pesantren. Hampir di setiap sekolah madrasah ada kesenian Hadroh. Oleh karena itu melalui lomba Hadroh di Lombok Umrah dan Haji Expo ini diharapkan bisa memperkenalkan kesenian Hadroh ke masyarakat umum.

Lombok Umrah dan Haji Expo termasuk rangkaian acara Pesona Khazanah Ramadhan 2018. Dalam acara Lombok Umrah dan Haji Expo ada lomba Hadroh, Marawis, Tahfiz dan lain-lain. Melalui Lombok Umrah dan Haji Expo, AMPHURI juga akan mensosialisasikan lima pasti umrah sekaligus memberikan diskon perjalanan umrah ke masyarakat.

Sebelumnya, Anggota Dewan Kehormatan AMPHURI sekaligus Koordinator Lombok Umrah dan Haji Expo 2018, Budi Firmansyah menerangkan, lima pasti umrah di antaranya pasti biro perjalanannya berizin, pasti pesawatnya, pasti hotelnya, pasti visanya dan pasti akomodasinya.

Sebanyak 19 biro perjalanan haji dan umrah yang ikut Lombok Umrah dan Haji Expo 2018 berasal dari Jakarta, Surabaya dan Kalimantan. "Semua biro perjalanan tersebut ada di bawah naungan AMPHURI, sehingga dapat dipastikan biro perjalanan haji dan umrah yang ikut Lombok Umrah dan Haji Expo 2018 dapat dipercaya," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA