Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Penyelamatan Penumpang KM Lestari Maju Sedang Berlangsung

Selasa 03 Jul 2018 16:00 WIB

Red: Ani Nursalikah

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia Sutopo Purwo Nugroho.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia Sutopo Purwo Nugroho.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Basarnas berwenang menangani penyelamatan korban kapal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Badan SAR Nasional Kabupaten Bulukumba sedang menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan terhadap penumpang.

"Badan penanggulangan bencana daerah membantu penanganan dan melakukan pendataan," ujarnya melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa (3/7).

Pos Komando BNPB terus melakukan koordinasi dengan BPBD, Basarnas dan pihak-pihak lain. Sutopo mengatakan BNPB dan BPBD bersifat pendukung dalam penanganan kecelakaan laut karena instansi yang berwenang menangani adalah Basarnas.

Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang dilaporkan tenggelam di Perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan mengangkut 139 penumpang. "Menurut manifes kapal, ada 139 penumpang dan 48 kendaraan berbagai golongan di dalam KM Lestari Maju," kata Sutopo.

Menurut laporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang dibagikan Sutopo melalui pesan digital, kendaraan yang diangkut KM Lestari Maju antara lain 18 unit golongan II, 14 unit golongan IV, satu unit bus golongan V, tujuh unit truk golongan golongan V, satu unit bus golongan VI dan tujuh unit truk golongan VI.

KM Lestari Maju yang sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar dilaporkan kecelakaan dan tenggelam pada Selasa pukul 14.30 Wita. Kapal diperkirakan mengalami kebocoran lambung kiri sehingga tenggelam.

Baca juga: Empat Penumpang KM Lestari Maju Tewas

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA