Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Polisi Tangkap Pengedar dan Pengguna Tembakau Gorila

Senin 24 Sep 2018 16:56 WIB

Rep: eko widiyatno/ Red: Ani Nursalikah

Petugas merapikan barang bukti tembakau gorila.

Petugas merapikan barang bukti tembakau gorila.

Foto: Antara
Tembakau gorila termasuk jenis narkoba golongan satu.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Banyumas membekuk empat orang yang terdiri dari pengedar dan pengguna tembakau gorila yang termasuk jenis narkoba golongan satu.

Keempat tersangka tersebut terdiri dari Dodi Santosa (25 tahun) warga Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur, Dandy Singgih Pratama (20) warga Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja, Aditya Qurniaji (20) warga Kelurahan Gedong Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, dan Calvin Mahardika (21) Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Utara.

"Keempat tersangka tersebut ditangkap di tempat dan waktu terpisah, setelah kita melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut," jelas Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kasat Narkoba AKP Endang Sri Wahyuni, Senin (24/9).

Selain menangkap keempat tersebut, petugas juga menyita puluhan gram tembakau gorila yang disimpan mereka. Tembakau tersebut dikemas dalam beberapa kemasan plastik dengan bobot bervariasi.

AKP Endang menyebutkan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari adanya informasi mengenai adanya warga di Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur yang sering mengedarkan tembakau sintetis yang kerap disebut tembakau gorila. Dari informasi tersebut, polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mendapatkan hasil warga yang mengedarkan tembakau gorila adalah Dodi Santoso.

Dari informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap bersangkutan di rumahnya. Dalam penggerebegan tersebut, polisi menyita tembakau gorila dalam kemasan plastik dengan berat 1.78 gram, 1,73 gram dan 0,33 gram.

"Selain itu, kita juga menemukan dua puntung lintingan tembakau," katanya.

Dari penangkapan tersebut, polisi kemudian melakukan pengembangan dengan menyelidiki penyuplai tembakau. Dari penyelidikan tersebut, polisi secara berturut-turut menangkap para tersangka lainnya.

Dandy Singgih Pratama ditangkap di sebuah warung makan di Kelurahan Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Calvin Mahardika di tangkap di rumah kontrakannya di Perumahan Bumi Arca Indah, dan Aditya Qurniaji (20) ditangkap di rumah kosnya di Kelurahan Karangwangkal, Kecamatan Purwokerto Utara.

Dari tersangka Dandy, polisi menyita sembilan bungkus plastik tembakau gorilla dengan berat keseluruhan lebih dari 10 gram. Dari tersangka Calvin ditemukan tembakau gorilla sebanyak dua bungkus plastik, dan dari tersangka Aditya Qurniaji juga ditemukan dua plastik tembakau gorilla masing-masing seberat 2,5 gram.

"Kami masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap keempat tersangka tersebut," jelas AKP Endang. Dari para tersangka, diketahui tembakau gorila tersebut banyak digunakan mahasiswa di Purwokerto. Banyak diantaranya, membeli barang tersebut melalui online.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA