Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

KPU Padang Gencarkan Sosialisasi untuk Difabel

Senin 22 Oct 2018 10:55 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

KPU

KPU

KPU Padang menggandeng Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatra Barat, kembali menggelar sosialisasi untuk menyukseskan pemilihan umum 2019 mendatang. Kali ini sasarannya adalah kaum difabel di Kota Padang yang juga memiliki hak yang sama dalam menyuarakan aspirasinya.

Dalam sosialisasi kali ini, KPU Padang menggandeng Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Padang. Sejumlah topik dibahas dalam sosialisasi kali ini, termasuk arahan untuk kaum difabel mental. Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang, Icun Sulhadi, menilai penyandang disabilitas mental perlu didampingi sepanjang proses pemilu nanti.

"Kegiatan tersebut agar mereka bisa memahami tentang pemilu dan kami berharap, KPU dapat menfasilitasi dan memberikan pelayanan yang khusus pada penyandang disabilitas," jelas Icun, Ahad (21/10).

Ia menambahkan, dalam Pilkada 2018 yan telah lewat, KPU Kota Padang telah memberikan informasi dan sudah memberikan kemajuan pada pemilihan-pemilihan sebelumnya bagi penyandang disabilitas.

"KPU telah melalui KPPS memastikan untuk memfasilitasi dan menjadikan TPS ramah bagi para penyandang disabilitas. Kita berharap nanti KPU juga memberikan simulasi untuk mengenalkan kepada kita sehingga dapat merasakan secara lansung bagaimana pemilihan umum tahun 2019 tanpa ada kesalahan dan mudah menggunakan hak pilih," katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Padang Divisi Hukum, Riki Eka Putra mengatakan dengan menggandeng PPDI dalam kegiatan ini, pihaknya berharap para penyandang disabilitas dapat terdorong untuk menggunakan hak suaranya. Apalagi para difabel telah didampingi oleh KPU Kota Padang dan disediakan fasilitas yang khusus bagi para penyandang disabilitas.

"Masukan yang kita terima dalam kegiatan tersebut tentang pemilu akses, menjadi perhatian yang besar bagi KPU untuk memperluas partisipasi politik, sehingga mempermudah para penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya untuk pemilu 2019," jelas Riki. 

KPU, lanjut Riki, memandang bahwa partisipasi kaum difabel dalam pemilu menjadi salah satu parameter kesuksesan pemilu di Kota Padang. Sosialisasi kali ini melibatkan 100 orang para penyandang disabilitas yang tergabung dalam PPDI Kota Padang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA