Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Ini Alasan Megapa Manado Jadi Tuan Rumah PKN Revolusi Mental

Sabtu 27 Oct 2018 05:13 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Andi Nur Aminah

Menko PMK Puan Maharani menghadiri Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Manado.

Menko PMK Puan Maharani menghadiri Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Manado.

Foto: Kemenko PMK
Sektor pariwisata Manado memang mengalami peningkatan tajam sejak 3 tahun terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani menyanjung Manado sebagai daerah yang berhasil menerapkan revolusi mental dalam kebijakan daerahnya. Menurut Puan dengan revolusi mental dalam hal pelayanan publik membuat khususnya sektor pariwisata meningkat pesat.

"Sulut ini atau kota Manado telah dilakukan pelayanan publik yang baik dalam artian kemudian bagaimana provinsi atau Pemda berusaha untuk menaikkan pariwisata sebagai salah satu, mempromosikan daerahnya itu salah satu revolusi mental," kata Puan usai membuka Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental di lapangan Sario, Manado pada Jum'at (26/10).

Sektor pariwisata Manado memang mengalami peningkatan tajam sejak tiga tahun terakhir. Pada 2015, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Manado hanya 15 ribu wisatawan. Angka tersebut meningkat tajam pada 2016, dimana wisatawan mancanegara yang datang ke Manado mencapai 49 wisatawan.

Tahun lalu, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Manado bahkan naik 61 persen atau berjumlah 79 ribu wisatawan mancanegara. Sementara hingga semester I tahun ini, Dinas Pariwisata Manado mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Manado telah mencapai 69 ribu wisatawan.

Hal tersebut, lanjut Puan juga merupakan alasan Kemenko PMK menunjuk Manado sebagai tuan rumah PKN Revolusi Mental. Menurutnya Manado telah berhasil dalam melakukan gerakan revolusi mental.

"Kita akan melihat kesiapan dari satu provinsi ke daerah lain itu yang kemudian kita tunjuk, kita ada panitia yang melakukan kriteria daerah mana saja yang kita lihat, ya tentu lihat daerah atau provinsi tersebut sudah melakukan gerakan revolusi mental," katanya.

Sementara itu pembukaan PKN revolusi mental yang berlangsung di lapangan Sario Manado berlangsung meriah. Kegiatan itu diikuti ribun peserta dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, pelajar hingga komunitas masyarakat.

PKN Revolusi Mental semarak dengan pertunjukan tari daerah hingga menari poco-poco bersama yang dilakukan peserta. Dalam kegiatan itu juga dipamerkan berbagai inovasi layanan publik dari Kementerian hingga Pemda. PKN Revolusi Mental di Manado rencananya berlangsung hingga Ahad (28/10).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA