Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Truk Alami Rem Blong, Empat Orang Dilaporkan Tewas

Senin 10 Dec 2018 15:29 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Teguh Firmansyah

Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)

Kecelakaan lalulintas (ilustrasi)

Foto: Antara
Truk menabrak pejalan kaki dan kendaraan yang ada di depannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES --  Kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Bumiayu Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, Senin (10/12) sekitar pukul 11.40. Truk tronton bernopol B 9370 WYT mengalami rem blong, dan menabrak sejumlah pejalan kaki dan kendaraan yang ada di depannya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Brebes AKP Muhammad Rikha Zulkarnain, menyebutkan akibat kecelakaan ini empat orang meninggal dan sejumlah lainnya mengalami luka-luka. "Kami masih menunggu laporan dari anggota di lokasi mengenai kejadian itu, termasuk identitas para korban," jelasnya.

Dari informasi sementara yang dia terima, terjadinya kecelakaan tersebut disebabkan rem truk mengalami blong. Mengenai bagaimana kronologis kejadiannya secara rinci, dia juga masih belum bisa menjelaskan. Namun ia menyebutkan, lokasi kejadian cukup jauh dari lokasi flyover atau berjarak lebih dari 4 km.

Sementara dari saksi mata di lapangan, Warseno (52), kejadian tersebut berawal dari laju truk yang tidak bisa lagi menahan kecepatannya. "Saya tidak tahu, truk itu mengalami rem blong mulai dari mana. Saya tahunya, truk tronton dari arah selatan menuju utara itu terlihat melaju kencang dan baru kencang dan baru berhenti setelah menabrak sejumlah kendaraan yang parkir di pinggir jalan RS Muhammadiyah Siti Aminah Desa Jatisawit,'' jelasnya.

Namun dia memperkirakan,  truk itu sudah mengalami rem blong sejak pertigaan jalan lingkar. Karena truk-truk besar dari arah selatan maupun dari utara Bumiayu biasanya tidak akan melalui ruas jalan di wilayah kota tersebut, tapi harus melalui jalan lingkar. "Kemungkinan karena rem sudah mengalami blong, sehingga sopir truk tidak bisa membelokkan kendaraannya,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, truk berwarna hijau mudah tersebut baru berhenti setelah menabrak sepeda motor dan mobil yang diparkir di area parkir pinggir jalan RS Muhammadiyah Siti Aminah. Seluruhnya, ada 5 mobil dan 10 sepeda motor yang ringsek tertabrak truk tersebut.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA