Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

BPBD Kabupaten Bandung Imbau Warga Waspada Longsor

Ahad 16 Des 2018 14:36 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Petugas BPBD meninjau lokasi longsor / Ilustrasi

Petugas BPBD meninjau lokasi longsor / Ilustrasi

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
BPBD dan warga kerja bakti untuk menutupi lubang-lubang yang diakibatkan longsor.

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG - Longsor terjadi di Kampung Sudi RT 02 RW 02, Desa Mekarsari, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Sabtu (15/12) akibat hujan deras. Tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian tersebut sebab lokasi longsor berada di ladang yang jauh dari pemukiman warga.

Kepala Bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Sudrajat mengatakan pihaknya bersama masyarakat setempat sudah kerja bakti untuk menutupi lubang-lubang yang diakibatkan longsor tersebut. Menurutnya, longsor yang terjadi tidak membahayakan sebab jauh dari pemukiman.

“Longsor lebarnya satu meter dan panjang 15 meter. Tidak ada korban dan jauh dari pemukiman,” ujarnya saat dihubungi, Ahad (16/12). Ia mengungkapkan area longsor yang terjadi di Kampung Sudi berada di wilayah ladang perbukitan.

Ia menuturkan, pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun akan mengecek kondisi tanah apakah kembali berpotensi longsor. Sehingga ke depan BPBD dan masyarakat setempat akan melakukan antisipasi dan kewaspadaan ditengah musim hujan yang berlangsung.

Dia menambahkan, longsor pun sempat terjadi di wilayah Arjasari namun berhasil dibersihkan sehingga tidak menganggu aktvitas lalu lintas. “Imbauan kepada masyarakat tetap berhati-hati, siaga di tiap desa,” ungkapnya.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA