Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Jokowi Segera Bangun Kembali Rumah Warga Korban Tsunami

Rabu 02 Jan 2019 14:50 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Bayu Hermawan

Presiden Jokowi

Presiden Jokowi

Foto: Dok Biro Pers dan Media
Jokowi mengatakan telah disiapkan lahan untuk permukiman warga di Kecamatan Rajabasa.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi lokasi yang terkena bencana Tsunami Selat Sunda di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (2/1). Dalam kunjungannya, Jokowi mengatakan akan membangun kembali rumah warga yang rusak.

Pernyataan Jokowi tersebut disampaikan setelah meninjau lokasi bencana di Desa Way Muli dan Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan bersama rombongan menteri, dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo. Jokowi menerima keluhan dan harapan warga korban tsunami yang terdampak parah kejadian itu.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan membangun rumah warga yang rusak karena tsunami dibangun lagi di tempat lain berjarak 400 meter dari bibir pantai di atas lahan dataran tinggi seluas dua hektare.

"Sudah disediakan lahan dua hektare," kata Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Harapan Korban Tsunami ke Jokowi: Bangun Lagi Rumah Kami

Menurut Jokowi, tidak ada tahap sementara, pemerintah langsung melakukan tahap rekonstruksi dan membangun rumah-rumah warga yang rusak karena hantaman gelombang tsunami Selat Sunda pada akhir tahun lalu.

Dalam melakukan tahap rekontruksi tersebut, ia menyatakan tidak bicara hari saja tapi juga bicara lima tahun ke depan. Lokasi Desa Way Muli dan Desa Kunjir dan daerah lainnya di pesisir Selatan Lampung masuk dalam area ring of fire yang sangat rawan bencana tsunami.

Mengenai pendidikan kebencanaan, ia menyatakan akan dimulai pada Januari ini dimulai dari sekolah hingga ke masyarakat, terutama pada daerah-daerah rawan bencana dan juga bencana tsunami.
 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA