Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Warga Korban Puting Beliung Rancaekek Butuh Bahan Bangunan

Ahad 13 Jan 2019 13:56 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nidia Zuraya

Warga memperbaiki rumahnya yang rusak akibat angin puting beliung di Kampung Pasirpeuti, Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (12/01/2019).

Warga memperbaiki rumahnya yang rusak akibat angin puting beliung di Kampung Pasirpeuti, Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (12/01/2019).

Foto: Antara/Nurul Ramadhan
Sebagian warga mulai membersihkan puing-puing material bangunan rumah yang rusak

REPUBLIKA.CO.ID, RANCAEKEK -- Sejumlah warga korban angin puting beliung, Jumat (11/1) lalu di perumahan Rancaekek Permai 2, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung berharap bantuan yang datang kepada mereka berupa bahan bangunan. Sebab, rumah-rumah mereka mengalami kerusakan ringan hingga berat akibat bencana tersebut.

Berdasarkan pantauan, sebagian warga mulai membersihkan puing-puing material bangunan rumah yang rusak. Mereka dibantu oleh relawan yang berasal dari organisasi masyarakat dan TNI serta aparat kepolisian.

Salah seorang korban yang rumahnya rusak, Iyus (49) warga di Blok B 24 mengungkapkan rumah miliknya rusak parah sehingga tidak bisa ditempati. Bahkan, sejak kejadian tersebut ia beserta keluarganga mengungsi ke rumah milik tetangganya.

"Kemarin Sabtu (12/1) malam hujan, airnya masuk ke dalam rumah. Sebab atap rumah rusak dan terbuka," ujarnya saat ditemui di lokasi, Ahad (13/1). Saat ini ia mengaku dibantu saudaranya membersihkan puing-puing material bangunan yang rusak.

"Semuanya hampir hancur. Mau dilanjut diperbaiki, gak ada dana. Dirinya berharap pemerintah memberikan bantuan dana untuk perbaikan rumah miliknya.

Ibu Jumadi (48) mengungkapkan akibat angin puting beliung bagian belakang rumahnya rusak parah termasuk gentengnya. Selain itu, kanopi di bagian depan rusak tidak tersisa sama sekali.

Dirinya mengungkapkan saat ini keluarga dan saudaranya tengah memperbaiki rumah dan membersihkan puing-puing sisa material bangunan yang rusak. Ia pun berharap pemerintah bisa membantu material bangunan untuk para korban. "Pengen mah material bantuannya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA