Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Kementerian PUPR akan Bangun Dua Flyover di Kota Bandung

Rabu 30 Jan 2019 15:08 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih

Pekerja mengecat flyover di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/7).

Pekerja mengecat flyover di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Sabtu (28/7).

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Flyover berada di Jalan Soekarno Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana memberikan bantuan pembangunan jalan layang di Kota Bandung. Jalan layang tersebut rencananya akan dibuat di Jalan Soekarno-Hatta.

Hal ini terungkap setelab Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memgikuti rapat dengan yang membahas proyek infrastruktur bersama pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Dudi Prayudi menyebutkan ada dua flyover yang akan dibangun di Kota Bandung. Dua titiknya berada di jalan nasional yang dinilai rawan kemacetan.

"Penentuan titik sudah ditentukan oleh Kementrian PUPR yaitu di simpang Kiaracondong hingga depan Batununggal, dan simpang Kopo hingga Leuwipanjang," kata Dudi saat dikonfirmasi Republika.co.id, Rabu (30/1).

Dudi mengungkapkan keduanya berada di Jalan Soekarno Hatta yang merupakan jalan nasional. Untuk simpang Kiaracondong letaknya di depan Carefour yang memang kerap mengalami kemacetan parah. Begitupula dengan simpang Kopo hingga Leuwipanjang.

Ia mengatakan Pemkot Bandung hanya menjadi penerima manfaat. Tidak ada persiapan yang harus dilakukan Pemkot Bandung baik dalam desain maupun pembiayaan.

"Karena Jalan Soekarno Hatta itu jalan nasional, jadi dari DED hingga pelaksanaan pembangunannya oleh Kementerian PUPR. Kita hanya penerima manfaat saja," tuturnya.

Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui realisasi dari rencana tersebut. Pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian PUPR.

Plt Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan Pemkot Bandung menyambut baik hibah dua flyover tersebut. Apalagi titiknya sudah pasti ditentukan oleh Kementerian PUPR.

"Jalan Soekarno Hatta-Ibrahim Adjie ada flyover turunannya ke Batununggal, berarti melompati dua intersection, kemudian perempatan Kopo dengan Leuwi Panjang. Bahkan itu kaitannya dengan progres pembebasan lahan itu pihak provinsi yang melakukan. Itu belum diperlihatkan gambar cuma baru informasi," kata Ema.

Ia mengaku Pemkot Bandung akan selalu siap berkoordinasi dan bersinergi mewujudkan pembangunan infrastruktur jalanan di Kota Bandung. Termasuk rencana pembuatan dua jalan layang di Jalan Soekarno Hatta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA