Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Hujan Lebat Berpotensi Terjadi Hingga 1 Maret

Rabu 27 Feb 2019 16:39 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Indira Rezkisari

Hujan deras/ilustrasi

Hujan deras/ilustrasi

Foto: Flickr
Hujan lebat diprakirakan terjadi mulai hari ini di sebagian Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau akan terjadi hujan lebat dalam tiga hari ke depan. Yaitu sejak hari ini (27/2) hingga 1 Maret 2019 di sebagian wilayah Indonesia.

Baca Juga

Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana mengatakan, beberapa wilayah seperti Riau, Bengkulu, Jawa Tengah (Jateng), Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua terpantau akan mengalami hujan lebat pada hari ini. "Kemudian keesokan harinya (28/2) di wilayah Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tenggara masih dihadapkan dengan hujan lebat ditambah dengan wilayah Maluku," ujarnya, Rabu (27/2).

Sementara pada Jumat (1/3), wilayah yang akan mengalami hujan lebat bertambah banyak. Yaitu, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, serta Papua.

Selain itu, BMKG mengimbau masyarakat di beberapa wilayah Indonesia lebih meningkatkan kewaspadaan akibat adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat pada hari ini. Wilayah tersebut adalah Sumatra Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, juga Papua Barat.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang ini masih akan berlangsung esok hari (28/2) di beberapa wilayah. Seperti Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Sedangkan untuk Jumat besok, ia menambahkan, potensi hujan lebat disertai angin kencang juga masih akan terjadi di beberapa wilayah. Yaitu Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, serta Papua Barat.

"Masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut diimbau untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, intensitas hujan ditengarai berada pada skala lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat. Massa udara basah lapisan rendah inilah yang terkonsentrasi di Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

 Kemudian daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang/kuat tedapat di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, juga Papua. Sementara itu, terdapat konvergensi di Perairan Barat aceh dan Perairan Utara Papua. Belokan angin terdapat di Sumatera, Maluku, dan Papua.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA