Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Bubur Ayam akan Jadi Kuliner Andalan di Sukabumi

Ahad 10 Mar 2019 16:11 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Endro Yuwanto

Bubur ayam untuk sarapan.

Bubur ayam untuk sarapan.

Foto: Republika/Prayogi
Bubur Sukabumi akan berkembang dengan adanya percepatan pembangunan infrastruktur.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Keberadaan kuliner di Kota Sukabumi akan dijadikan wisata unggulan daerah. Salah satunya bubur ayam yang sejak dahulu menjadi ciri khas daerah tersebut.

"Wisata alam di Sukabumi sangat terbatas sehingga yang ditonjolkan adalah kuliner," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada saat membuka acara lomba masak dan makan bubur ayam terbanyak di RM de Kebonjati Jalan Siliwangi, Kota Sukabumi, Ahad (10/3).

Kegiatan lomba masak dan makan bubur ayam ini bagian dari rangkaian awal kegiatan hari jadi ke-105 Kota Sukabumi.

Menurut Fahmi, bicara Sukabumi identik dengan kuliner. Salah satunya bubur ayam yang menjadi ciri khas Sukabumi.

Selama ini, ungkap Fahmi, hampir di setiap gang ada tukang bubur ayam. Sehingga bubur ayam sangat memasyarakat di Sukabumi.

Fahmi menuturkan, hal ini menjadikan bubur ayam Sukabumi menjadi ciri khas daerah. Dalam artian, bubur ayam dijadikan penganan khas Sukabumi.

Keberadaan kuliner ini, lanjut Fahmi, termasuk bubur ayam akan terus berkembang dengan adanya percepatan pembangunan infrastruktur di Sukabumi. Misalnya pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), kereta double track, dan bandara perintis di Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Fahmi percaya, percepatan pembangunan infrastruktur ini akan berdampak pada ramainya wilayah Sukabumi. Dampaknya, Sukabumi harus menyiapkan ciri khas terutama kuliner.

Oleh karena itu, kata Fahmi, pemkot akan menguatkan wisata kuliner sebagai unggulan daerah. Caranya dengan mendorong pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan rumah makan yang sudah ada agar terus berkembang. Upaya ini untuk menjadikan Sukabumi sebagai tujuan wisata kuliner bukan hanya di Jawa Barat melainkan nasional hingga mancanegara.

Pemkot, kata Fahmi, juga berupaya melahirkan pelaku UKM yang tangguh di masa yang akan datang. Targetnya pelaku UKM bisa memanfaatkan peluang perkembangan pembangunan infrastruktur yang masuk ke Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Sukabumi ini ikut memasak makanan yang disajikan kepada masyarakat. Selain itu dibagikan pula ratusan paket bubur ayam gratis kepada warga yang melintas di jalanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA