Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Terdampak Banjir, Satu Keluarga Dievakuasi

Selasa 09 Apr 2019 10:05 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Banjir di tiga Kecamatan Kabupaten Bandung masih terjadi dan meluas, Selasa (9/4). Satu keluarga yang berada di pemukiman terendam banjir dievakuasi menggunakan perahu karena sakit.

Banjir di tiga Kecamatan Kabupaten Bandung masih terjadi dan meluas, Selasa (9/4). Satu keluarga yang berada di pemukiman terendam banjir dievakuasi menggunakan perahu karena sakit.

Foto: Muhammad Fauzi Ridwan
Akses jalan terdampak banjir tak bisa dilalui kendaraan.

REPUBLIKA.CO.ID, DAYEUHKOLOT--Banjir di tiga kecamatan yaitu Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang masih merendam pemukiman dan fasilitas umum dan sosial, Selasa (9/4). Ketinggian banjir relatif bervariasi dari 10 cm hingga 2 meter lebih. Terlebih hujan deras terjadi, Senin (8/4) kemarin.

Berdasarkan pantauan, salah seorang nenek dan keluarganya di Kampung Kaum, RW 09 RT 03, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung dievakuasi oleh para pemuda setempat. Karena mengalami sakit demam.

Para pemuda setempat membawa masuk perahu ke dalam gang dengan ketinggian mencapai leher orang dewasa. Mereka yang membawa perahu sebagian harus masuk ke air. Tanpa menggunakan peralatan keselamatan, mereka perlahan menaikkan nenek dan keluarganya ke perahu.

Akses jalan Dayeuhkolot-Banjaran terputus dan tidak bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat. Hanya, delman dan perahu yang bisa digunakan. Itu pun, sebagian tempat duduk di delman terendam banjir.

"Ibu teu damang (kurang sehat), panas, lieur (pusing). Ngaderegdeg (bergetar badan). Jadi milih ngungsi ke rumah anak di Rencong," ujar Titim (60) saat disela-sela evakuasi, Selasa (9/3).

Ia mengungkapkan, sejak banjir besar terjadi Kamis lalu, dirinya sempat mengungsi di rumah anaknya. Namun, karena sempat surut, ia memilih kembali pulang. Satu hari kemudian, banjir kembali terjadi.

Menurutnya, ia memilih bertahan dilantai dua rumahnya yang terendam banjir dengan ketinggian dua meter. Namun, saat ini memilih mengungsi sebab mengalami sakit.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA