Geolog Dilibatkan Kaji Struktur Jembatan Masjid Al-Haram

Selasa , 09 Apr 2019, 20:21 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Lokasi di antara Gerbang Malik Abdulaziz dan Gerbang Malik Fahd di Masjidil Haram, Makkah, Ahad (2/9). Disekitar wilayah itu malaikat Jibril disebut menambatkan Buraq sebelum bertolak dengan Rasulullah menjalani Isra Mi'raj.
Lokasi di antara Gerbang Malik Abdulaziz dan Gerbang Malik Fahd di Masjidil Haram, Makkah, Ahad (2/9). Disekitar wilayah itu malaikat Jibril disebut menambatkan Buraq sebelum bertolak dengan Rasulullah menjalani Isra Mi'raj.

IHRAM.CO.ID,   

 

 

Baca Juga

MAKKAH – Arab Saudi melibatkan geolog untuk mempelajari struktur geologi dari jembatan penyeberangan yang terhubung ke Masjid al-Haram di Makkah. Penelitian dilakukan untuk memastikan agar jembatan tersebut tidak mempengaruhi aliran air tanah. 

Direktur Pusat Penelitian dan Studi Zamzam (ZSRC), Samer Schuman, mengatakan mereka tengah melakukan pekerjaan untuk mengurangi ketinggian di jalan Jabal al-Kaabah dan Umm al-Qura, yang mengarah ke Masjid al-Haram. Hal itu dilakukan guna memastikan agar tidak mempengaruhi Cekungan Lembah Ibrahim, yang memasok sumur Zamzam.  

Schuman menambahkan, ahli geologi juga bekerja sama dengan tim manajemen proyek di Kementerian Keuangan di Makkah serta dengan perusahaan dan kantor-kantor khusus. Mereka bekerja sama untuk memproses data yang dikumpulkan pada sistem hidrologi, fitur geologi, dan sifat hidrolik dari endapan lembah dan batu di lokasi tersebut. 

"ZSRC menggunakan teknologi pemodelan digital canggih untuk mendapatkan gambar 3D interaktif yang membantu memahami hubungan timbal balik antara fondasi proyek-proyek ini dan pergerakan air tanah di lokasi tersebut," kata Schuman, dilansir dari Arab News, Senin (8/4). 

Menurutnya, langkah ini membantu mengurangi dampak negatif pada sistem hidrogeologis yang mungkin muncul di beberapa lokasi. 

Selain itu, hal itu juga dilakukan untuk menetralkan efek kumulatif dari dampak sistem hidrogeologis pada sumber daya yang masuk ke sumur Zamzam. Dia menegaskan pihaknya akan mengambil tindakan pencegahan yang bisa diimplementasikan di dasar setiap lokasi. 

 
Minggu, 24 Zulhijjah 1440 / 25 Agustus 2019
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:30 WIB 04:40 WIB 11:57 WIB 15:17 WIB 17:55 WIB 19:06 WIB