Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Kotak Suara dan Surat Suara di Lumajang Rusak Kena Air Hujan

Senin 15 Apr 2019 13:10 WIB

Red: Christiyaningsih

Surat Suara (Ilustrasi)

Surat Suara (Ilustrasi)

Foto: ANTARA/ADENG BUSTOMI
Puluhan kotak suara dan ratusan surat suara rusak terkena air hujan

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG - Puluhan kotak suara dan ratusan surat suara di Kabupaten Lumajang Jawa Timur rusak karena terkena air hujan. Kotak suara dan surat suara tersebut basah saat pendistribusian logistik pemilu ke dua kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Baca Juga

"Untuk logistik di Kecamatan Klakah tercatat kerusakan 90 kotak suara, 300 surat suara, dan dokumen lainnya. Sedangkan di Kecamatan Padang sebanyak empat kotak suara rusak. Dokumen di dalam kotak suara masih utuh dan bisa digunakan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang Siti Mudawiyah di Lumajang, Senin (15/4).

Menurutnya kerusakan kotak dan surat suara tersebut terjadi saat pendistribusian logistik pemilu di panitia pemilihan kecamatan (PPK) Klakah dan PPK Padang pada Ahad (14/4). Ini terjadi karena truk pengangkut logistik diguyur hujan deras hingga air masuk ke dalam truk yang tertutup terpal.

"Awalnya kami sempat menunda pemberangkatan truk logistik pemilu dari gudang KPU ke PPK Klakah dan Padang karena hujan deras. Saat hujan sudah reda truk diberangkatkan namun tiba-tiba di tengah perjalanan menuju dua kecamatan itu hujan deras kembali mengguyur," tuturnya.

Ia mengatakan kotak suara yang lengkap berisi surat suara dan dokumen lainnya dibungkus plastik, namun tetap saja ada celah yang memungkinkan air masuk ke dalam plastik tersebut. Akibatnya sejumlah dokumen dan surat suara rusak terkena air hujan.

Mudawiyah menjelaskan KPU Lumajang terpaksa membuka kotak suara yang tersegel untuk melakukan penggantian surat suara dan dokumen lain yang rusak. Pembukaan ini mendapat pengawasan ketat dari Bawaslu Lumajang. Area penggantian kotak dan surat suara juga disterilkan dengan garis polisi (police line) di PPK Klakah.

"Alhamdulillah semua kotak suara, surat suara, dan dokumen yang rusak sudah diganti, sehingga tidak mengganggu pemungutan surat suara pada 17 April 2019," ujarnya.

Ia mengatakan kotak suara TPS yang rusak akan diganti kotak suara penghitungan yang berada di kecamatan. Pihaknya juga masih meminta tambahan kotak suara dari KPU pusat serta berkoordinasi dengan KPU di kabupaten tetangga yang memiliki kelebihan kotak suara.

Anggota Bawaslu Lumajang Mujadid mengatakan Bawaslu langsung menuju ke PPK Klakah saat mendapat informasi kotak dan surat suara yang rusak akibat air hujan. Bawaslu Lumajang melakukan investigasi terkait hal tersebut.

"Kami juga mengawasi dengan ketat pembukaan kotak suara yang rusak karena di dalamnya terdapat suara suara yang rusak terpapar air hujan. Bahkan perwakilan tim sukses masing-masing pasangan calon dan partai politik juga di sana untuk memantau," tuturnya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA