Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Nyaris Rampung

Jumat 19 Apr 2019 14:23 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Pandaan-Malang di pintu keluar Karanglo, Malang, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Pekerja menyelesaikan pembangunan jalan tol Pandaan-Malang di pintu keluar Karanglo, Malang, Jawa Timur, Rabu (19/12/2018).

Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Penyempurnaan jalan di sesi I hingga III hanya perlu menambahkan beberapa pengamanan

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pembangunan jalan tol Pandaan-Malang di lima seksi nyaris rampung tahun ini terutama pembangunan tol di seksi I, II dan III. "Sesi I sampai III sudah selesai, clear secara struktur sudah 100 persen fisiknya," kata Direktur Utama (Dirut) PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo saat ditemui wartawan di Kantor PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Karanglo, Malang, belum lama ini.

Menurut Agus, penyempurnaan jalan di sesi I hingga III hanya perlu menambahkan beberapa pengamanannya. Kemudian pihaknya juga masih menunggu sertifikasi uji kelaikan oleh lembaga terkait. Hingga kini, pihaknya tidak tahu pasti jadwal perilisan sertifikasi tersebut.

"Uji kelaikan sudah diuji laik, tinggal nunggu sertifikasi laik operasi. Begitu sertifikasi laik keluar, maka siap dioperasikan," tambah dia.

Sementara pada seksi IV, Agus mengungkapkan, pembangunan jalan sudah mencapai 80 persen. Lahan Masjid Annur juga telah dapat digunakan mulai pekan lalu. Timnya kini hanya perlu menyelesaikan konstruksi di pintu keluar Pakis yang masih terdapat timbunan.

Selanjutnya, pembangunan seksi V masih 30 persen sampai saat ini. Menurut Agus, pihaknya masih menemukan kendala pada pembebasan lahan di Madyopuro. "Masih ada sekitar 50 bidang, tidak sampai satu hektare," jelasnya.

Mengetahui progres ini, Agus mengaku, tidak mengetahui pasti jadwal peresmian tol Pandaan-Malang. Pihaknya menyerahkan keputusan ini kepada pemerintah.

"Kesiapan yang meresmikan itu kita mengikuti saja," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA