Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Harga Bawang, Cabai, dan Tomat Masih Tinggi di Medan

Selasa 30 Apr 2019 23:14 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Aktivitas di Pusat Pasar Medan, Sumatra Utara.

Aktivitas di Pusat Pasar Medan, Sumatra Utara.

Foto: Antara/Septianda Perdana
Kelangkaan pasokan disebut menjadi penyebab kenaikan harga bawang, cabai, dan tomat.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menjelang Ramadhan 1440 H, harga beberapa bahan pokok kebutuhan rumah tangga masih tinggi di pasar-pasar tradisional Kota Medan. Pantauan Antara di Pasar Pringgan, Selasa, salah satu pasar tradisional di kota Medan, kenaikan harga tertinggi terjadi pada komoditas bawang putih dan juga cabai merah.

Bawang putih dijual seharga Rp 60 ribu per kg dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg. Cabai merah yang semula harganya Rp 35 ribu per kg kini menjadi Rp 50 ribu per kg. Lantas, cabai hijau harga jualnya kini Rp 28 ribu per kg, naik empat ribu rupiah.

Kemudian, tomat yang tadinya dijual Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 14 ribu per kg. Harga cabai rawit naik Rp 10 ribu dari Rp 30 ribu per kg. Sedangkan, bawang merah yang semula ditawarkan seharga Rp 30 ribu per kg kini dijual Rp 40 ribu per kg

Berdasarkan pengakuan Jesika, salah seorang pedagang, kenaikan sejumlah bahan pokok ini terjadi karena kekosongan barang di gudang. Kondisi itu telah berlangsung selama beberapa pekan.

"Mungkin beberapa hari ke depan baru masuk lagi barang," ungkap Jesika.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono mengatakan, akan mengimpor bawang putih sebanyak 115 ribu ton untuk seluruh provinsi di Indonesia. Hal ini berdasarkan surat ijin yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan untuk persiapan Ramadhan dan lebaran.

Tidak hanya bawang putih, Veri juga berjanji untuk mengatasi permasalahan minimnya stok bahan pokok lainnya yang memicu kenaikan harga. "Untuk hal ini kita akan terus upayakan bagaimana stok inicukup untuk Ramadhan dan lebaran nanti," ujar Veri pada Rapat koordinasi harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan lebaran 1440 H Tahun 2019, di Tiara Convention Center Medan, Jumat (26/4) .

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA