Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Tambahan KA Bandara Disiapkan Angkut Penumpang YIA

Senin 27 May 2019 10:39 WIB

Red: Indira Rezkisari

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Penumpang memasuki area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Jadwal perjalanan KA Bandara akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan di YIA.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta siap menambah perjalanan Kereta Api Bandara untuk memenuhi kebutuhan penumpang apabila ada tambahan jadwal penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) selama masa angkutan Lebaran 2019. Tiket bisa diperoleh secara langsung di stasiun pemberangkatan.

Baca Juga

"Kami terus berkomunikasi dengan Angkasa Pura 1 dan pemangku kepentingan lain. Jika ada tambahan penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta selama masa angkutan Lebaran, kami siap melakukan penambahan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara," kata Executive Vice President (EVP) PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Purwanto di Yogyakarta, Senin (27/5).

Menurut dia, jadwal perjalanan KA Bandara akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta. Sehingga penumpang yang menuju atau dari bandara dapat memanfaatkan kereta bandara.

"Kami pun sudah menyiapkan kereta cadangan untuk mendukung perjalanan kereta bandara. Total akan ada tiga rangkaian kereta bandara. Satu rangkaian masih di Balai Yasa Yogyakarta," kata Eko.

Selain menyiapkan jadwal perjalanan khusus untuk KA Bandara, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta juga siap mengatur jadwal perjalanan kereta lain yang melintas di jalur yang sama untuk mendukung layanan KA Bandara. "Bisa saja memanfaatkan kereta lain yang jadwalnya diatur untuk berhenti di Stasiun Wojo, guna mendukung layanan ke Bandara Internasional Yogyakarta," katanya.

Saat ini, lanjut Eko, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta mengoperasionalkan satu rangkaian kereta bandara dengan satu kali perjalanan pulang pergi dari Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo yang ditempuh dalam waktu 45 menit.

Dari Stasiun Maguwo, kereta diberangkatkan pukul 10.40 WIB dan tiba di Stasiun Wojo pada pukul 11.26 WIB. Kereta kemudian diberangkatkan kembali dari Stasiun Wojo pada pukul 14.04 WIB dan tiba di Stasiun Maguwo pada pukul 14.55 WIB.

Jarak yang ditempuh dari Stasiun Maguwo menuju Stasiun Wojo mencapai 49,1 kilometer dengan durasi perjalanan selama 47-51 menit. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat menggunakan shuttle bus menuju Bandara Internasional Yogyakarta yang berjarak sekitar enam kilometer. Perjalanan dengan bus ditempuh dalam waktu 10-12 menit.

Kereta bandara tersebut menggunakan rangkaian kereta Solo Ekspres dengan kapasitas tempat duduk 196 penumpang, ditambah 200 penumpang berdiri sehingga total penumpang yang bisa diangkut mencapai 396 orang. Rute kereta bandara dari Stasiun Maguwo hingga Stasiun Wojo tersebut juga merupakan rute sementara sambil menunggu selesainya pembangunan jalur kereta dari Stasiun Kedundang menuju YIA sehingga nanti penumpang bisa langsung turun di bandara tanpa harus berpindah moda transportasi.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA