Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Nelayan Desak Pemkab Jepara Bangun Pemecah Gelombang

Rabu 12 Jun 2019 21:07 WIB

Red: Christiyaningsih

Pemecah gelombang (ilustrasi)

Pemecah gelombang (ilustrasi)

Foto: Wikimedia Commons
Himpunan Nelayan desak Pemkab Jepara membangun pemecah gelombang

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mendesak pemerintah Kabupaten Jepara segera membangun pemecah gelombang. Mereka mendesak adanya pemecah gelombang di sisi selatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu, Kecamatan Kota Jepara, Jawa Tengah.

Ketua HNSI Jepara, Sudiyatno, mengungkapkan daya tampung Sungai Wiso sangat terbatas. Saat musim baratan, banyak kapal nelayan yang berkumpul di Pelabuhan Pemandian yang selama ini menjadi tempat parkir kapal penumpang.

Tanpa pemecah gelombang, kawasan sekitar TPI Ujungbatu belum aman dari terjangan gelombang tinggi. Akibatnya nelayan hanya bisa mengandalkan muara Sungai Wiso dan Pelabuhan Pemandian atau Pelabuhan Kartini sebagai tempat berlindung kapal.

Pelaksana Tugas Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan pemerintah akan mengupayakan pembangunan pemecah gelombang di kawasan itu pada 2020. "Saat ini belum memungkinkan, karena sudah pembahasan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)," ujarnya pada Rabu (12/6).

Ia mengatakan jika APBD tidak mampu membiayai pemecah gelombang maka pemerintah kabupaten akan mengajukan bantuan ke pemerintah pusat.Keberadaan pemecah gelombang, menurut dia, tidak hanya menguntungkan nelayan namun juga warga yang bisa memanfaatkannya untuk memancing ikan.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA