Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Pertamina RU VI Berdayakan Warga Budidaya Kepiting Bakau

Kamis 13 Jun 2019 16:20 WIB

Red: Agus Yulianto

 PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan dan Kelompok Masyarakat Pesisir Indramayu (KOMPI) bekerja sama dalam pembudidayaan kepiting bakau.

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan dan Kelompok Masyarakat Pesisir Indramayu (KOMPI) bekerja sama dalam pembudidayaan kepiting bakau.

Foto: Foto: Humas Pertamina RU VI Balongan
Kepiting merupakan jenis perikanan yang banyak peminatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kepedulian PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera, terus dilaksanakan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan. Salah satu yang baru saja dilakukan RU VI yakni memberdayakan Kelompok Masyarakat Pesisir Indramayu (KOMPI) dalam pembudidayaan kepiting bakau.

Pembudidayaan kepiting bakau bantuan RU VI berada di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan, tepat di pesisir pantai Tiris Indramayu. Pada program pembudidayaan kepiting ini, Pertamina RU VI Balongan memberikan bantuan berupa pembuatan keramba, bantuan bibit kepiting sebanyak satu kuwintal, serta bantuan pakan kepiting.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu peningkatan perekonomian kelompok masyarakat yang menjadi mitra binaan RU VI. Program pembudidayaan kepiting ini, kata dia, memfokuskan pada proses penggemukan kepiting sehingga dagingnya lebih padat dan berisi yang membuat harga jualnya juga akan ikut meningkat.

“Kepiting bakau merupakan salah satu komoditas perikanan pantai yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, kami harapkan kegiatan ini bisa meningkatkan pendapatan warga," ujar Eko dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (13/6).

Makrus, salah seorang anggota kelompok KOMPI, merasa bersyukur kelompoknya mendapat bantuan pemberdayaan dari Pertamina RU VI Balongan. Kata dia, kepiting merupakan jenis perikanan yang banyak peminatnya.

“Alhamdulilah kami mendapat bantuan pembudidayaan kepiting dari RU VI, kepiting yang sudah berukuran sedang ini masa panennya 20 hari. Kami optimis program ini akan menuai hasil yang bagus," ujar Makrus.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA