Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Tiang Listrik di Tengah Jalan, Pengembang akan Ditegur

Ahad 16 Jun 2019 16:12 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hasanul Rizqa

Warga di Jalan Sukajadi, Kampung Sindangsari, Baleendah, Kabupaten Bandung mengeluhkan tiga tiang listrik yang berada di tengah-tengah jalan alternatif menuju Ciparay, Ahad (16/6).

Warga di Jalan Sukajadi, Kampung Sindangsari, Baleendah, Kabupaten Bandung mengeluhkan tiga tiang listrik yang berada di tengah-tengah jalan alternatif menuju Ciparay, Ahad (16/6).

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Tiga tiang listrik itu berdiri di tengah Jalan Sukajadi, Baleendah, Kabupaten Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung akan menegur pengembang Kompleks Bumi Sari Indah terkait keberadaan tiga buah tiang listrik. Ketiga tiang itu diketahui berdiri di tengah-tengah Jalan Sukajadi, Kelurahan Manggahang, Baleendah. Keberadaannya bahkan sudah menyebabkan kecelakaan terhadap pengendara motor.

Baca Juga

Sekretaris Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Achmad Kosasih menduga jika tiang listrik PLN yang berada ditengah jalan tersebut masih masuk dalam jalan komplek perumahan. Pihaknya belum mengetahui apakah tiang listrik tetap akan berada di marka jalan, kemudian badan jalan akan dilebarkan sisi kanan dan kirinya.

"Memang sebaiknya tidak begitu," ujarnya, Ahad (16/6).

Yang dimaksudkannya adalah, jika berada di lahan PU, maka pemasangan tiang listrik tidak akan berada di tengah-tengah jalan.

Sejauh ini, Achmad Kosasih mengungkapkan belum mendapatkan laporan mengenai kondisi tiga tiang listrik yang berada di tengah jalan secara detail. Namun, pihaknya melalui UPTD Sarana dan Prasarana akan meninjau ke lokasi untuk mencari data dan alamat pengembang.

Selanjutnya, pihaknya akan meminta pengembang untuk membuat rambu-rambu peringatan. Sehingga tidak terjadi lagi kejadian kecelakaan terhadap pengendara motor dan mobil.

Sebelumnya, warga di Komplek Bumi Sari Indah (BSI) dan sekitarnya mengeluhkan tiga tiang listrik yang berada ditengah-tengah jalan Sukajadi, Kelurahan Manggahang, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Ahad (16/6). Jalan alternatif menuju Ciparay tersebut sering dilintasi kendaraan dan terdapat pengendara yang sering mengalami kecelakaan.

Salah seorang warga, Yuyun (46) warga BSI 3 mengungkapkan akibat tiga tiang listrik yang berada ditengah jalan banyak pengendara motor yang mengalami kecelakaan pada malam hari. Terlebih,  penerangan umum yang ada di lokasi tersebut sangat minim.

"Banyak yang kecelakaan, soalnya dari dua arah pengendara biasanya bawa motor cepat. Kemarin-kemarin seorang ibu di BSI 3 dijalur itu kecelakaan nabrak tiang listrik dan harus dirawat di Rumah Sakit Al Ihsan karena gegar otak," ujarnya saat ditemui di jalan tersebut, Ahad (16/6).

Menurutnya, kecelakaan-kecelakaan yang ada rata-rata terjadi malam hari. Bahkan, seorang remaja yang tengah membawa motor mengalami kecelakaan. Disebabkan adany tiang listrik tersebut.

Ia mengungkapkan, tidak mengetahui pasti mengapa tiga tiang listrik tersebut bisa berada ditengah jalan. Menurutnya, sejak pindah pertamakali ke BSI 3 pada 2011, Yuyun mengaku sudah melihat tiga tiang listrik berdiri di tengah jalan. Sementara tiang listrik lainnya berada dipinggir jalan.

"Kalau lagi banjir diarah Jelekong, ini suka jadi jalur alternatif ke Ciparay, tembusnya ke Lapas Jelekong. Meski beberapa ruas jalannya masih rusak," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA