Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Gempa 5,3 SR Guncang Sumbar

Senin 17 Jun 2019 21:21 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Andi Nur Aminah

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Pusat gempa berada pada kedalaman 23 kilometer di dalam dasar bumi.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sumatra Barat baru saja diguncang gempa bumi berkekuatan 5,3 skala richter, Senin (17/6) sore, tepatnya pukul 18.04 WIB. Informasi yang dikeluarkan BMKG, berada di 0.36 LS, 99.00 BT atau 105 km sebelah barat daya Pasaman Barat.

Baca Juga

Pusat gempa berada pada kedalaman 23 kilometer di dalam dasar bumi. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun kekuatan guncangannya membuat warga di Pasaman Barat dan, Lubuk Basung Agam berhamburan mencari tempat aman.

"Pusat gempa berada di laut 105 km Barat Daya Pasaman Barat, Kedalaman 23 KM. Gempa Dirasakan di  Pasaman, Tiku, Padang Panjang, Pariaman, dan Padang," demikian keterangan resmi dari BMKG.

Pratama (27) warga Kota Padang mengaku terkejut dengan gempa tadi sore. Selain goncangan, ia juga melihat air dalam gelas tiba-tiba bergetar.  "Cukup kaget. Tiba-tiba ada getaran dan air bergerak," ujar Pratama.

Namun di Kota Padang sendiri, gempa tidak membuat adanya kepanikan warga. Namun informasi yang diterima Republika.co.id, warga di Lubuk Basung Kabupaten Agam berhamburan keluar rumah begitu merasakan gempa. Begitu keluar rumah pun, tiang listrik dan pohon-pohon kelapa bergoyang. Namun setelah gempa selesai, warga kembali beraktivitas seperti biasa. Karena tidak ada lagi gempa susulan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA