Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Kekeringan, Temanggung Siapkan 350 Tangki Air Bersih

Rabu 19 Jun 2019 10:03 WIB

Red: Ani Nursalikah

Warga antre untuk mendapatkan air bersih secara gratis saat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan air bersih.

Warga antre untuk mendapatkan air bersih secara gratis saat petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan air bersih.

Foto: Antara/Siswowidodo
Kekeringan diprediksi terjadi di 11 kecamatan di Temanggung.

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran bantuan air bersih untuk penyaluran 350 mobil tangki guna mengatasi kekeringan pada musim kemarau 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, sementara Pemkab Temanggung menyiapkan 350 mobil tangki. "Nanti kalau ada kekurangan, seperti tahun-tahun sebelumnya kami kerja sama dengan swasta melalui dana CSR dan juga pengajuan bantuan APBD Provinsi serta DIPA BNPB," katanya, Rabu (19/6).

Ia menuturkan untuk mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau, ia sudah melakukan pemetaan. Hasilnya, kekeringan terjadi di 11 kecamatan atau hampir sama dengan tahun lalu.

Ia menyebutkan, 11 kecamatan tersebut, yakni Kaloran, Kandangan, Kranggan, Selopampang, Jumo, Gemawang, Pringsurat, Bejen. Kledung, Bulu, dan Candiroto. Menurut dia, dari 11 kecamatan yang mungkin mengalami kekeringan tersebut, kondisi paling parah diperkirakan terjadi di dua kecamatan, yakni Kandangan dan Kaloran.

"Kami sudah siapkan lima mobil tangki untuk mendistribusikan air bersih ke daerah kekeringan," katanya.

Ia menyebutkan, kelima mobil tangki tersebut berasal dari Dinas Sosial, PMI, PDAM, BPBD, dan bantuan dari provinsi. Ia menuturkan, berdasarkan perkiraan dari BMKG, musim kemarau mulai pekan ketiga ketiga Mei 2019 dan puncaknya pada Agustus-September 2019.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA