Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

'Penahanan Susno Timbulkan Ketakutan Melaporkan Ketidakberesan'

Selasa 11 May 2010 07:52 WIB

Red: taufik rachman

JAKARTA--Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengkhawatirkan penahanan mantan Kabag Reskrim Komjen Pol Susno Duadji akan membuat orang takut untuk mengungkapkan kebenaran sehingga akan sulit untuk memperbaiki negara dan bangsa.

"Saya prihatin sekali. Ini efeknya orang jadi takut melaporkan. Bagaimana negara ini akan bisa baik kalau orang takut melaporkan adanya ketidakberesan," kata ketua DPR Marzuki Alie di gedung DPR Senayan Jakarta, Senin.

Menurut Marzuki seharusnya Polri menindaklanjuti kasus yang dilaporkan oleh Susno. Apakah laporan Susno tersebut benar atau tidak, tambahnya tetapi harus diselesaikan terlebih dahulu. "Baru setelah itu kalau pak Susno memang ada kesalahan, diselidiki. Tetapi jangan dibalik," kata Marzuki.

Menurut Marzuki dengan kejadian ini seolah-olah dicegat agar kasusnya jangan kemana-mana. "Ini orang yang melapor justru jadi terdakwa. Ini akan membuat orang jadi takut melapor," kata Marzuki.

Menurut Marzuki jika negara ingin baik maka dibutuhkan banyak orang berani untuk melaporkan suatu ketidakberesan. Dengan demikian, tambahnya akan bisa dilakukan pembersihan. "Bagaimanapun ini membuat orang jadi tak berani melapor. Harusnya orang dibiarkan berani melaporkan ada maling, meskipun dia sendiri mungkin maling ," kata Marzuki.

Penahanan Susno tambah Marzuki seperti upaya membungkam agar jangan banyak orang yang kena. Namun Marzuki tidak tahu apakah memang banyak pihak yang terlibat. Marzuki tidak mau berpraduga.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA