Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Vonis Ahok, Amien Rais: Hakim, Tanyakan Hati Nurani Masing-Masing

Jumat 05 May 2017 14:46 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan

Amien rais khotib shalat jumat di masjid gedung dakwah muhammadiyah.

Amien rais khotib shalat jumat di masjid gedung dakwah muhammadiyah.

Foto: Amri amrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais menolak berspekulasi soal putusan hakim terkait vonis Ahok pada Selasa 9 Mei mendatang. Ia hanya berharap Majelis Hakim yang akan memvonis Ahok bertanya kepada hati nuraninya, atas fakta yang dipaparkan selama sidang kemarin.

"Sekarang imbauan kim, hakim yang kita muliakan tolong tanya kepada hati nurani masing-masing jangan takut karena jabatan atau terpengaruh godaan dunia," ujarnya kepada wartawan, Jumat (5/5).

Massa umat Islam yang berkumpul hari ini, menurutnya hanya ingin mengingatkan kepada Hakim putuskanlah sesuai nurani anda. Karena hati nurani tidak pernah mengecoh dan berbohong atas fakta yang terjadi.

Namun kalaupun akhirnya vonis nanti tidak memenuhi rasa keadilan umat Islam, Amien menilai putusan hakim tersebut akan kembali memunculkan keresahan baru di tengah umat Islam. Bahkan yang ia khawatirkan kalau akhirnya putusan hakim jauh dari rasa keadilan unat Islam, kepercayaan umat Islam terhadap pemerintah akan semakin memudar.

"Sekarang kita mengingatkan kepada hakim tolong putuskan sesuai dengan hati nurani. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang akan tahu mengenai hari esok, jadi saya gak mau mereka-reka mengarang-ngarang kalau sampai putusan hakim juga tidak adil dan menabrak rasa keadilan. Wa Allahua'lam, tapi perlu hati-hati," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA