Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

MAKI Laporkan Menpora ke KPK

Jumat 20 May 2011 17:51 WIB

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan dugaan praktik  langsung pada perusahaan yang menjadi Event Organizer (EO/Penyelenggara kegiatan) SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang yang dilakukan oleh Menpora Andi Malarangeng ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) . Perusahaan itu diduga adalah FOX Indonesia yang merupakan milik kerabat Andi Malarangeng, Choel Malarangeng dan Rizal Malarangeng.

 

Menurut Koordinator MAKI, Boyamin Saiman, ia mendapatkan laporan dari sejumlah sumber terkait praktik penunjukkan langsung tersebut. Proses dipilihnya FOX Indonesia oleh Menpora sebagai EO penyelenggara SEA Games tanpa mengikuti prosedur proses tender. “Makanya kita laporkan praktik ini ke KPK karena penunjukkan langsung itu dilarang undang-undang,” kata Boyamin saat melaporkan dugaan tersebut di kantor KPK, Jakarta, Jumat (20/5).

Namun,  Boyamin  menjelaskan bahwa  praktik penunjukkan langsung itu tidak  terkait dengan praktik  suap yang dilakukan oleh Sesmenpora, Wafid Muharam dalam proyek pembangunan wisma atlet. Karena, hal tersebut adalah dua persoalan yang berbeda. “Kalau PT FOX Indonesia itu kan hanya sebagai EO saja, tidak terkait dengan pembangunan infrasturktur pendukung SEA Games,” ujarnya.

Menanggapi tudingan tersebut, salah satu pendiri FOX Indonesia sekaligus adik kandung Andi Malarangeng, Rizal Malarangeng, membantahnya. Menurutnya, tudingan itu bertujuan untuk menjatuhkan dan menjelek-jelekkan Andi sebagai kakaknya. “Itu isu murahan,” kata Rizal saat dihubungi Republika, Jumat (20/5).

Rizal menjamin,  bahwa FOX Indonesia tidak mungkin mau menjadi EO SEA Games tersebut. Karena, FOX Indonesia hanya fokus menjual jasa tim sukses politik pada berbagai ajang pemilu seperti pemilu presiden, legislatif, dan kepala daerah. “Saya jamin seribu persen, FOX Indonesia tidak terlibat dalam penyelenggaraan SEA Games,” katanya.

Seperti diketahui, FOX Indonesia adalah  lembaga konsultan politik untuk korporasi dan pemilihan kepala daerah (Pilkada), pemilihan presiden (Pilpres), sera pemilu legislatif. Didirikan 1 Februari 2008 oleh ilmuan politik, Rizal Mallarangeng yang tidak lain adalah saudara kandung Andi Malarangeng. Selain Rizal, saudara kandung Andi lainnya yang menjadi pengurus FOX Indonesia adalah Choel Malarangeng.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA