Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Pemerintah Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Rabu 22 Jun 2016 18:53 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Teguh Firmansyah

Gus Dur

Gus Dur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemerintah akan mendorong Abdurahman Wahid atau Gus Dur menjadi pahlawan nasional.

Dari 13 nama yang diajukan oleh Kementerian Sosial untuk mendapat gelar kepahlawanan, Gus Dur menjadi salah satu nama yang sudah selesai kelengkapan administratifnya. Nama Gus Dur juga didorong oleh Luhut dan Khofifah untuk diajukan ke Presiden.

"Saya dan Bu Khofifah sepakat untuk menyerahkan nama Gus Dur ke Presiden jadi salah satu yang akan diberi gelar pahlawan nasional," ujar Luhut, Rabu (22/6).

Luhut mengatakan, sosok Gus Dur yang merakyat dan terkenal dengan pluralismenya menjadi salah satu bentuk jasanya agar Indonesia tetap terjaga dalam kedamaian. Luhut sendiri memiliki pengalaman dan kesan pribadi atas Gus Dur sendiri.

Luhut mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur secara persyaratan administratif sudah selesai. Tinggal menunggu waktu yang pas untuk memberikan gelar tersebut.

Baca juga, Kasman Singodimedjo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA