Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Polisi Tangkap Tiga Orang Pembakar Bendera Tauhid

Selasa 23 Oct 2018 03:37 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nidia Zuraya

Bendera Ar Rayah

Bendera Ar Rayah

Foto: Antara
Aksi pembakaran bendera tauhid dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Banser

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Polres Garut mengamankan tiga orang pelaku pembakaran bendera tauhid saat perayaan Hari Santri Nasional di Kecamatan Limbangan, Senin (22/10). Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, saat ini jajarannya masih mencari satu orang yang diduga pembawa bendera tersebut.

"Kami akan coba untuk proses sesuai ketentuan hukum. Untuk yang membawa bendera ada satu orang yang sedang dicoba untuk dimintai keterangan. Secepat mungkin akan disampaikan kalau sudah diamankan," kata Budi, Senin (22/10).

Baca Juga

Ia menekankan Polres Garut akan mulai melakukan langkah penyelidikan. Saat ini, sifat tindakan baru sebatas klarifikasi sejauh mana peristiwa itu terjadi. Ketiga orang yang diamankan pun masih berstatus saksi.

"Hal ini akan didalami lagi. Pembakaran di lapangan itu sifatnya bisa saja spontanitas. Harus diketahui motifnya agar jelas," ujarnya.

Dandim 0611/Garut, Letkol Inf Asyraf Azis, menuturkan potensi konflik sosial dalam insiden itu pasti ada. Ia mengimbau ormas untuk tenang dan percayakan kepada penegak hukum dalam menangani kasus pembakaran bendera.

"Dalam kondisi ini saya sudah tugaskan jajaran saya agar menahan diri. Kita tumbuhkan kembali jiwa nasionalisme, cinta tanah air, tinggalkan adu domba dan perpecahan," kata Asyraf.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA