Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Pansel KPK: Kami Hanya Jalankan Keppres

Selasa 21 May 2019 14:30 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pansel KPK akui terima sejumlah kritik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan panitia seleksi (pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 menanggapi banyaknya kritik yang dilontarkan kepada mereka terkait susunan anggota pansel. Bahkan sejumlah elemen masyarakat mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merombak susunan pansel KPK.

Baca Juga

"Jadi berkaitan dengan kritik atas latar belakang pansel yang dipertanyakan, kami hanya menjalankan tugas berdasarkan Keppres," kata pimpinan Pansel KPK Yenti Garnasih dalam konferensi pers di Sekretariat Negara, Senin (20/5).

Yenti juga menegaskan bahwa timnya independen dan menjalankan amanah untuk memilih capim KPK yang lebih baik. Pansel, ujar Yenti, juga akan menjalankan proses seleksi sesuai aturan yang ada. Urutannya diawali dengan pendaftaran administrasi, seleksi administrasi, ujian kompetensi dan makalaj, profile assesment, tes kesehatan, hingga wawancara.

"Tentang jumlah (lolos administrasi) berapa tergantung yang masuk berapa dan yang memenuhi syarat berapa. Karena dulu ada yang bermasalah, misalnya tidak valid soal ijazah," katanya.

Yenti juga mengatakan bahwa pansel KPK meminta masukan dari masyarakat terkait capim yang lolos tes administrasi. Seluruh proses seleksi, ujar dia, nanti akan dibuka kepada publik. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA