Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Lebaran Menjadi Moment Menyenangkan UMKM di Sumbar

Selasa 11 Jun 2019 12:41 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Andi Nur Aminah

Ibu-ibu perintis UMKM Sumbar memasak produk unggulan mereka (ilustrasi)

Ibu-ibu perintis UMKM Sumbar memasak produk unggulan mereka (ilustrasi)

Foto: dok. Humas Pemprov Sumbar
Setiap daerah masing-masing diimbau untuk menggelar produk UMKM-nya masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatra Barat Zirma Yusri mengatakan selama lebaran Idul Fitri 1440 H kemarin aktivitas jual beli Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumbar mengalami peningkatan hampir di setiap daerah kabupaten dan kota. Menurut Zirma, hal tersebut bukan fakta yang mengherankan. Setiap kali lebaran, memang hari buat UMKM panen rezeki.

Baca Juga

"Kalau sudah lebaran kan memang harinya untuk UMKM. Setiap daerah masing-masing memang sudah kami imbau sejak awal untuk menggelar produk UMKM-nya," kata Zirma kepada Republika.co.id Selasa (11/6).

Zirma mengakui Dinas Koperasi dan UKM Sumbar tidak dapat mendata secara detail berapa peningkatan aktivitas jual beli UMKM selama lebaran. Karena mayoritas pedagang tersebut mandiri dan industri rumah tangga.

Zirma menyebut penggerak UMKM di Sumbar selama libur lebaran kemarin memanfaatkan momen ramainya perantau asal Sumbar yang mudik ke kampung halaman. Para perantau yang mudik ini tersebar merata di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Selain itu, kata Zirma momen libur lebaran juga menjadi ladang rezeki bagi pedagang di lokasi-lokasi wisata dan pinggir jalan yang dilewati pemudik. Hampir semua tempat wisata di Sumbar diramaikan oleh pengunjung yang mayoritas adalah perantau yang ingin menikmati keindahan alam di Ranah Minang.

Selama musim mudik dan libur lebaran, jalanan di Sumbar mengalami kemacetan. Para pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan pun meraup keuntungan. "Itu pula kelebihan di Sumbar ini. Kalau sudah momen lebaran, selalu ramai karena masyarakat kita ini ramai di rantau dan pulang ketika lebaran," ujar Zirma.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA