Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Makna di Balik Baju Hitam Putih Jokowi

Rabu 07 May 2014 19:42 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Citra Listya Rini

Joko Widodo (Jokowi)

Joko Widodo (Jokowi)

Foto: Yasin Habibi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden dari PDIP, Joko Widodo, dalam banyak kesempatan sering terlihat mengenakan kemeja putih yang digulung sesiku dan celana bahan warna hitam. Pakaian tersebut seolah sudah melekat sebagai identitas pria yang akrab disapa Jokowi tersebut.

Bukan tanpa sebab pria yang akrab Jokowi ini mengenakan pakaian itu. Kepada wartawan, suami Iriana ini mengakui bahwa ada makna dibalik pakaian hitam putihnya itu.

"(Pakai kemeja putih) karena murah. Kalau murah berarti apa?," kata Jokowi bertanya balik kepada wartawan. Para awak media pun spontan menjawab bahwa murah berarti sederhana, Jokowi pun mengiyakan.

Selain karena alasan murah, Jokowi menilai pakaian hitam putih pas dikenakannya. Sehingga, ia gemar memakai kemeja putih dan celana hitam. Dia pun mengaku, ada alasan dibalik lengan kemejanya yang selalu digulung se-siku. "Kenapa digulung? Artinya siap kerja," ucap Jokowi.

Mantan wali kota Solo tersebut mengatakan, sebenarnya mengenakan pakaian murah atau mahal tidak terlihat bedanya jika sudah melekat di tubuh. Karena tak ada beda, maka dia lebih memilih mengenakan pakaian yang murah saja.

Jokowi juga menilai, kemeja putih dan celana bahan hitam lebih mencerminkan kepribadiannya. "Saya ingin jadi diri sendiri. Jokowi is Jokowi," ucap ayah tiga anak ini.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA