Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

PAM Jaya: Hanya Dua Sungai di Jakarta Bisa Dijadikan Air Minum

Rabu 30 Sep 2015 09:12 WIB

Rep: c26/ Red: Esthi Maharani

Sungai Ciliwung

Sungai Ciliwung

Foto: setkab.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKRTA -- Direktur Teknik PT PAM Jaya HM Limbong menyebut hanya ada dua sungai yang dapat dimanfaatkan untuk pasokan air di Jakarta.

"Jakarta memang punya 13 sungai tapi kalau kita lihat hanya dua yang kualitasnya bisa kita andalkan, Ciliwung dan Pesanggrahan," kata Limbong dalam acara Media Gathering Edukasi Air Bersih di Gedung Perum Jasa Tirta II, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (29/9)

Celakanya, dua sungai itu pun kualitasnya semakin memburuk. Tetapi, untuk memenuhi kebutuhan air yang mendesak di Jakarta, sungai tersebut tetap digunakan.

Ia menjelaskan sumber air dari Jakarta hanya 3 persen. Sedangkan sisanya berasal dari waduk Jatiluhur sebesar 81 persen dan dari Tangerang sebesar 16 persen.

Disebutkan pula wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara termasuk wilayah yang kekurangan air. Maka tak heran jika setiap hari bantuan truk tanki air terus didatangkan.

PAM Jaya juga tengah mencoba mengolah air di Waduk Pluit. Meskipun airnya sudah tergolong polutif. Namun PAM Jaya harus mencoba mengolah agar layak pakai untuk mencukupi kebutuhan air warga terutama di musim kemarau.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA