Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

NTB Diguncang Gempa 4,5 SR

Ahad 17 Apr 2016 23:06 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Karta Raharja Ucu

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Foto: Antara/M Risyal Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BMKG melaporkan gempa bumi berkekuatan 4,5 SR mengguncang Kabupaten Alor, NTB. Ahad (17/4/) pukul 19.56 WIB. Pusat gempa di darat kedalaman 57 km di 22 km Barat Daya Kalabahi Kabupaten Alor.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Kabupaten Alor telah melaporkan gempa terasa kuat selama 3-5 detik. Masyarakat dikabarkkan panik hingga berhamburan ke luar rumah.

Ia mengatakan BPBD masih melakukan pendataan dan pemantauan terhadap dampak dari gempa bumi itu. "Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa. Sebagian masyarakat kembali ke rumah dan sebagian masih di luar rumah untuk berjaga dari segala kemungkinan gempa susulan," katanya dalam keterangan resmi, Ahad (17/4).

Sutopo mengingatkan Indonesia adalah negara yang rawan bencana. Sehingga ia berharap kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana masih perlu ditingkatkan agar korban jiwa dapat dikurangi.

"Perlu dukungan semua pihak dalam penanggulangan bencana. Sebab bencana adalah urusan bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA