Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

Friday, 28 Rabiul Akhir 1443 / 03 December 2021

DPR: Apa Keuntungan Negara dari 17 Pulau Reklamasi?

Sabtu 25 Mar 2017 01:20 WIB

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Ilham

Kondisi pulau reklamasi C dan D, Jumat (24/3).

Kondisi pulau reklamasi C dan D, Jumat (24/3).

Foto: Republika/Singgih Wiryono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo mempertanyakan keuntungan yang didapat oleh negara terkait pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta. "Apa sih keuntungan yang didapatkan negara secara umum?" tanya Edhy saat meninjau lokasi pulau C, D, dan G di Teluk Jakarta, Jumat (24/3).

Edhy menyayangkan jika keuntungan yang didapat hanya dari segi ekonomi saja. Sebab, menurut dia, jika dilihat dari bentuk uang dan tidak memikirkan jangka panjang, hal tersebut sangat salah. "Kalau dilihat dari uang, tapi dalam jangka panjangnya kerugian materi lainnya akan muncul," katanya.

Edhy juga menyorot kelakuan para pengembang yang semakin hari semakin menekan dan menyengsarakan masyarakat sekitar proyek reklamasi. "Anda lihat dalam masa itu (pembangunan reklamasi) penggusuran-penggusuran di sekitar reklamasi semakin terjadi," katanya.

Untuk itu, kata dia, jika proyek tersebut tidak dihambat dan tidak berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, masyarakat sekitar akan terus menderita. "Penggusuran akan terus dilakukan di sekitar reklamasi, ini yang tidak kita inginkan," katanya.


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA