Friday, 15 Rajab 1440 / 22 March 2019

Friday, 15 Rajab 1440 / 22 March 2019

Anies Ingin Perbanyak Ruang Terbuka Hijau dan Biru

Rabu 28 Feb 2018 07:06 WIB

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Israr Itah

Petugas mengerjakan penataan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/2).

Petugas mengerjakan penataan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (22/2).

Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Selain RTH, menurutnya, RTB juga sama-sama dibutuhkan warga Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka biru (RTB) di Ibu Kota akan terus diperbanyak. Selain RTH, menurutnya, RTB berupa danau, situ, atau waduk, juga sama-sama dibutuhkan warga Jakarta.

"Jadi di Jakarta memang harus memperbanyak RTH dan RTB. Ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru karena keduanya dibutuhkan di Jakarta," kata dia di Jakarta, Selasa (27/2).

Anies juga mengajak seluruh warga Jakarta menjaga danau yang ada, termasuk aliran airnya yang bermuara di danau tersebut. Ia mengatakan, menjadikan danau lebih indah tak cukup dengan membersihkan danaunya saja.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menilai, hal yang tak kalah penting untuk kebersihan sebuah danau adalah membersihkan aliran dari hulu hingga ke danau tersebut.

"Kalau mau memastikan danau bersih, bisa dipakai, maka aliran air menuju danau kemudian waduk harus bersih. Mulai dari mana? Ya dari aliran itu, baik di hulu, di tengah, maupun menjelang sampai ke danau," kata dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebelumnya menjanjikan akan membersihkan 12 danau di Jakarta Utara (Jakut) usai 'kalah' duel renang dalam acara Festival Danau Sunter. Pembersihan danau-danau itu akan dilakukan oleh Pemkot Jakarta Utara.

"Di Jakut ada 12 danau yang nantinya bakal dibersihkan oleh pemkot. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras pemkot membersihkan Danau Sunter ini," kata Sandi.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA