Jumat, 15 Rajab 1440 / 22 Maret 2019

Jumat, 15 Rajab 1440 / 22 Maret 2019

Rute Bus Transjakarta Lintas Bundaran HI Dialihkan

Senin 30 Jul 2018 23:33 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Bus TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (6/6). (Republika/Yasin Habibi)

Bus TransJakarta melintas di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (6/6). (Republika/Yasin Habibi)

Foto: Republika/Yasin Habibi
Pengalihan rute Bus Transjakarta di Bundaran HI dilakukan mulai Senin (30/7) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rute bus Transjakarta di kawasan  Bundaran Hotel Indonesia (HI), dialihkan menyusul pembongkaran Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pengalihan mulai dilakukan Senin (30/7) malam.

Kepala Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Wibowo mengatakan, Senin pukul 21:00 WIB, Jalan M.H. Thamrin ruas barat yang mengarah ke Monas ditutup dan rencananya penutupan akan sampai dengan Selasa (31/7) pukul 06.00 WIB. Langkah itu guna melakukan pengangkatan struktur JPO dan hal ini berimbas pada beberapa koridor bus Transjakarta di kawasan tersebut.

"Tanggal 30 Juli 2018 penutupan dari Bunderan HI sampai Sarinah arah Kota atau Harmoni. Untuk arah Blok M atau Rambutan atau Ragunan masih melintas. Sedangkan tanggal 31 Juli penutupan total di bunderan HI untuk kedua jalur," katanya.

Dalam pengalihan rute tersebut, Transjakarta merencanakan menutup sementara pelayanan di halte Transjakarta untuk kedua arah, yakni Sarinah dan Bank Indonesia. "Halte yang tidak ada pelayanan untuk kedua arah adalah Halte Busway Sarinah dan Bank Indonesia sejak pembongkaran dilaksanakan," ujar Wibowo.

Adapun rencana pengalihan layanan Transjakarta yang melalui Jalan M.H. Thamrin berdasarkan keterangan yang diterima adalah:

Koridor 1 arah Blok M

Transjakarta selepas Halte Monas di persimpangan Patung Kuda - belok kiri melalui Jalan Merdeka Selatan (Balai kota , Gambir 2) tembus ke Jalan Merdeka Timur - belok kanan tembus Tugu Tani putar balik - belok kiri ke Jalan Menteng Raya lurus ke Jalan Cikini Raya sampai KFC Cikini belok kiri ke Jalan Cilacap ketemu petigaan - belok kanan ke Jalan Prof Moh Yamin tembus Taman Menteng - belok kiri ke Jalan HOS Cokroaminoto tembus Jalan Imam Bonjol - belok kanan ke arah Bundaran HI dan pelayanan kembali di Halte Tosari.

Koridor 1 arah Kota

Selepas Halte Tosari arah Kota/Harmoni putar balik di Bunderan HI - belok kiri ke Jalan Imam Bonjol lurus terus ke Jalan Ponogoro tembus RSCM - belok kiri mengikuti jalur koridor 5C pelayanan kembali di Halte Harmoni.

Koridor 6 arah Ragunan

Selepas Halte Monas di persimpangan Patung Kuda - belok kiri melalui Jalan Merdeka Selatan (Balai Kota, Gambir 2) tembus Jalan Merdeka Timur - belok kanan tembus Tugu Tani putar balik - belok kiri ke Jalan Menteng Raya lurus ke Jalan Cikini Raya sampai KFC Cikini belok kiri ke Jalan Cilacap ketemu petigaan - belok kanan ke Jalan Prof Moh Yamin tembus Taman Menteng - belok kiri ke Jalan HOS Cokroaminoto tembus Jalan Imam Bonjol - belok kanan ke arah Bundaran HI - belok kiri ke arah Dukuh Atas dan pelayanan kembali di Halte Dukuh Atas.

Koridor 6 arah Harmoni

Selepas Halte Tosari arah Kota/Harmoni putar balik di Bundaran HI - belok kiri ke Jalan Imam Bonjol lurus terus ke Jalan Ponogoro tembus RSCM - belok kiri mengikuti jalur koridor 5C pelayanan kembali di Halte Harmoni

Adapun untuk Koridor 7 (Harmoni-Kp rambutan) lewat melalui jalur koridor 5C.

Pembongkaran JPO di Bundaran HI sendiri direncanakan akan berlangsung pada 30 Juli hingga 2 Agustus 2018. Imbas dari pembongkaran, arus lalu lintas di kawasan tersebut bagi pengguna umum juga akan dialihkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan pelican crossing, untuk memudahkan pejalan kaki dan penyandang disabilitas menyeberang jalan di kawasan Bundaran HI, Jakarta.

"Pelican crossing" ini sebagai ganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang sedang dalam proses dirobohkan.

"Jadi, tujuannya memudahkan pengguna kursi roda, ibu hamil, orang tua sehingga mereka tidak perlu naik turun tangga tapi cukup menggunakan crossing seperti ini," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Senin (30/7) pagi tadi.

Selain itu, pelican crossing juga bermanfaat untuk membiasakan kepada pengemudi kendaraan bermotor bahwa di tempat tersebut ada penyeberang yang akan lewat.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA