Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Tahun Baru Islam Momentum Kebersamaan Membangun Kota

Rabu 12 Sep 2018 11:12 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah anak membawa obor saat mengikuti pawai menyambut Tahun Baru Islam di kawasan Menteng, Jakarta (10/9).

Sejumlah anak membawa obor saat mengikuti pawai menyambut Tahun Baru Islam di kawasan Menteng, Jakarta (10/9).

Foto: Republika/Prayogi
Peringaran Tahun Baru Islam di Tangerang ini dihadiri oleh Ustaz Yusuf Mansur.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyatakan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah merupakan momentum bagi seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah itu agar lebih maju. "Ini adalah momentum bagus bagi kita semua. Semangat dan semoga diri kita selalu disinari cahaya oleh Allah SWT yang bisa membawa kebaikan bagi kita semua," katanya di Tangerang, Rabu (12/9).

Peringatan Tahun Baru Islam 1440 H digelar Pemerintah Kota Tangerang dengan kegiatan doa bersama di Masjid Raya Al-Azhom pada Senin (10/9). Kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembukaan Festival Al-Azhom ke-7 yang kemudian dilanjutkan dengan pawai obor. Hadir dalam acara tersebut Ustad Yusuf Mansyur.

Arief menyampaikan, pembukaan Festival Al-Azhom yang ditandai dengan pawai obor yang diikuti 20 ribu orang. Pawai beberapa hari lalu itu dinilainya dapat menjadi simbol semangat kesatuan dan persatuan umat muslim di Kota Tangerang. "Semoga membawa Islam yang rahmatan lil alamin, untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang" ujar Wali Kota.

Ustadz Yusuf Mansyur yang hadir, saat pembukaan menyatakan percaya bahwa Kota Tangerang akan menjadi kota yang makmur dan sejahtera. "Insya Allah, tertinggi penghasilannya biar masyarakat sejahtera," kata Yusuf.

Festival Al-Azhom ke-7 mengangkat tema "Hijrah Menuju Hidup Berkah". Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BPKRMI) diselenggarakan selama 13 hari, mulai 10 September hingga 22 September 2018 di Masjid Raya Al-Azhom.   

Even yang rutin dilakukan setiap menyambut tahun baru Islam ini, bagian dari syiar Islam dan juga program pariwisata yakni menuju Kota Layak Dikunjungi. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Dedi Suhada mengatakan, Festival Al-Azhom adalah bagian dari cermin motto Kota Tangerang sebagai Kota Akhlakul Karimah.

Karena, tak hanya menampilkan hiburan semata tetapi juga mengangkat potensi Kota dan kearifan lokal melalui pemberdayaan UMKM yang berjualan. Juga ada perlombaan ketangkasan yang mengedepankan pengetahuan dan kecerdasan anak dan pembentukan karakter umat melalui tausiyah rohani yang disampaikan tokoh dan alim ulama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA