Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Mengapa Waring Kali Item Dicopot? Ini Jawaban Anies

Sabtu 17 Nov 2018 04:16 WIB

Red: Andri Saubani

Petugas PPSU membersihkan Kali Item/ Kali Sentiong yang ditutupi jaring di kawasan Wisma  Atlet, Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Petugas PPSU membersihkan Kali Item/ Kali Sentiong yang ditutupi jaring di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kain waring yang menutupi Kali Item dicopot sejak Kamis (15/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pencopotan kain waring di Kali Sentiong atau Kali Item di samping Wisma Atlet Kemayoran adalah atas sepengetahuan dirinya yang bertujuan untuk menangani polusi. Anies sendiri menyatakan pemasangan kain waring itu adalah solusi sementara sebagai antisipasi terkait mengurangi aroma tidak sedap dalam menghadapi Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

"Pencopotan ini karena akan ada pemasangan sheet pile (dinding tetap) sebelum dilakukan pengerukan. Sebagai langkah untuk bisa menangani polusi airnya," kata Anies di Jakarta, Jumat (16/11).

Dengan ditanganinya masalah polusi di sungai tersebut, Anies mengharapkan warga tidak lagi mencium bau, bukan karena ditutupi kain waring, tapi karena airnya bisa bersih. Anies sendiri telah menginstruksikan kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk membenahi sumber-sumber polutannya. Salah satunya dengan memantau pembuangan sisa kegiatan produksi di daerah sekitarnya.

"Sumber-sumber polutannya yang harus dikelola, jangan jadikan sungai itu tempat pembuangan sisa-sisa kegiatan produksi. Misalnya tahu tempe ampasnya dibuang ke sungai," tuturnya.

Anies bahkan mendapatkan laporan terkait banyak sampah-sampah berukuran besar yang terjaring saat hujan besar yang diakuinya merepotkan Pemprov DKI. "Saya menemukan langsung kasur besar sekali, itu repot buangnya cari tempat sampah susah. Nah polusi itu bukan hanya bau tapi juga polusi yang sifatnya cair dan solid, itu jadi penanganan kami," ucapnya.

Untuk diketahui, kain waring yang dipasang untuk menutup Kali Sentiong atau Kali Item saat perhelatan Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu akhirnya dicopot pada Kamis (15/11). Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan menyatakan, alasan pencopotan waring hitam karena pihaknya akan melanjutkan penataan sungai itu sebagai bagian dari penataan bidang aliran Timur yang tahun ini ditargetkan sampai kawasan Wisma Atlet.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA