Minggu, 17 Rajab 1440 / 24 Maret 2019

Minggu, 17 Rajab 1440 / 24 Maret 2019

Aksi 'Kontemplasi 212' Diminta Ditunda

Sabtu 01 Des 2018 08:08 WIB

Red: Didi Purwadi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Argo Yuwono meminta salah satu pihak lebih baik menunda kegiatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya menyarankan rencana aksi 'Kontemplasi 212' yang diinisiasi oleh Kapitra Ampera sebaiknya ditunda sementara. Acara tersebut waktunya bersamaan dengan kegiatan 'Reuni 212' yang akan dilaksanakan di Lapangan Monas, Jakarta, Ahad (2/12).

''Kita sarankan untuk menunda," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta, Jumat, seperti dikutip dari Antara.

Polda Metro Jaya sebelumnya telah menerima pemberitahuan rencana aksi 'Reuni 212' di Monas, Jakarta Pusat, pada Ahad besok. Kemudian Polda Metro Jaya juga mendapatkan pemberitahuan dari panitia aksi 'Kontemplasi 212' yang digagas Kapitra Ampera bersamaan dengan kegiatan 'Reuni 212'.

Argo mengungkapkan Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya menganalisa acara 'Kontemplasi 212' bersamaan dengan aksi 'Reuni 212'. Sehingga, katanya, salah satu pihak lebih baik menunda kegiatannya.

Sementara Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, mengimbau pihak yang tidak ikut aksi tersebut untuk menghormati perwujudan ekspresi dari para peserta 'Reuni 212'. ''Dengan begitu, tidak terjadi kegaduhan yang tidak berkesudahan,'' kata Anwar di Jakarta, Jumat (30/11), seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya mengajak dua pihak untuk bisa menjaga diri dan saling menghormati. Terlebih, Indonesia merupakan negara demokrasi yang menghargai perbedaan pendapat.

Menurut Anwar, aksi semacam Reuni 212 diperbolehkan oleh undang-undang. Hal tersebut terkait dengan kebebasan berekspresi bagi setiap warga negara atau kelompok tertentu.

Polda Metro Jaya bersama TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mengerahkan 20.000 personel gabungan untuk mengamankan aksi 'Reuni 212'. Sejumlah tokoh agama bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemungkinan akan menghadiri acara reuni tersebut.

Aksi 'Reuni 212' akan digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Minggu mulai pukul 03.00 WIB-12.00 WIB. Acara diawali dengan shalat tahajud bersama, shalat subuh berjamaah, acara "Tauhid Milenial Awards", dan pengibaran satu juta bendera tauhid berwarna.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA