Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Dinkes Kota Bogor Dapat Tambahan Mobil Curhat

Kamis 17 Jan 2019 01:20 WIB

Rep: mgrol118/ Red: Andi Nur Aminah

Mobil Curhat, layanan mobile untuk berbagai macam layanan kesehatan di Kota Bogor

Mobil Curhat, layanan mobile untuk berbagai macam layanan kesehatan di Kota Bogor

Foto: mgrol118
Mobil Curhat pertama sudah ada pada Juli 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menerima satu Mobil Curhat tambahan pada awal 2019. Sebelumnya, Mobil Curhat pertama sudah ada sejak Juli 2014.

Apa sih mobil curhat itu? Mobil Curhat adalah layanan mobile untuk berbagai macam layanan kesehatan. Di antaranya, layanan deteksi penyakit menular seperti HIV, serta penyakit tidak menular yakni seperti pemeriksaan atau kontrol gula darah, kemudian ada deteksi stres, konseling berhenti merokok, juga konseling gizi.

Semua layanan yang diberikan oleh Mobil Curhat ini gratis karena dibiayai dari APBD Kota Bogor. Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ika Lastyaningrum, mengatakan, pengadaan mobil curhat ini merupakan program inovasi dari Dinas kesehatan.

Ika mengatakan, awalnya mobil curhat ini bernama mobil HIV. Namun karena namanya berpotensi membuat takut orang untuk datang, maka diubahlah menjadi Mobil Curhat.

Menurut Ika, alasan penamaan mobil curhat itu agar terdengar unik dan keren sehingga menjadi daya tarik masyarakat. Mobil tersebut dapat dioperasionalkan sesuai dengan permintaan masyarakat atau sesuai dengan ketentuan jadwal operasional yang sudah ditentukan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Ika menyampaikan, bagi instansi atau masyarakat yang akan mengadakan suatu acara dan memerlukan adanya Mobil Curhat ini, merka dipersilakan mengajukan surat permohonan keperluannya kepada Dinas Kesehatan Kota Bogor. “Pada 2018, Mobil Curhat ini beroperasinya bisa sampai 50 kali,” ucap Ika.

Menurut Ika, Dinkes Kota Bogor mempunyai ketentuan jadwal operasional mobil curhat tersebut. Yakni satu kali dalam satu bulan atau hari-hari besar nasional.

Ika mengatakan, keberadaan Mobil Curhat terbaru memiliki fungsi yang berbeda dari Mobil Curhat sebelumnya. “Mobil Curhat yang terbaru ini khusus untuk pemeriksaan deteksi dini faktor risiko kanker leher rahim atau IVA Test. Sedangkan kalau Mobil Curhat sebelumnya berfungsi sebagai mobil konseling,” ucapnya kepada Republika.co.id.

Kedua mobil tersebut hampir sama bentuk dan besarnya. Namun nantinya, teknis pelayanannya akan berbeda. Saat beroperasi, mobil curhat yang lama menyediakan stand pelayanan atau konseling di luar mobil. Sedangkan mobil curhat yang  terbaru menyediakan ruang pemeriksaan pasien di dalam mobil.

Ika mengatakan, inovasi mobil layanan kesehatan seperti ini menjadi yang pertama ada di Indonesia. “Saat ini sudah diikuti oleh DKI Jakarta dan Bandung,” ucapnya. Sebelumnya banyak kabupaten atau kota yang melakukan studi banding tentang mobil curhat ke Dinkes Kota Bogor.


 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA