Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Pengemis Berpenghasilan Rp 210 Ribu per Dua Jam Ditangkap

Ahad 18 May 2014 12:43 WIB

Rep: c62/ Red: Esthi Maharani

 Seorang pengemis beraksi meminta sumbangan dari para pejalan kaki di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (12/3). (Republika/Yasin Habibi)

Seorang pengemis beraksi meminta sumbangan dari para pejalan kaki di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sarinah, Jakarta Pusat, Rabu (12/3). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pengemis Makhroji berpenghasilan Rp 210 Ribu per dua jam diamankan pihak Suku Dinas Sosial Pemkot Jakarta Selatan. 

Makhroji diamankan saat mengemis di kawasan Mampang. Saat diamankan Makhroji membawa uang sebesar 210 ribu. Uang itu diakui Makhroji hasil dari mengemis selama dua jam.

"Dia menjalankan profesi berkeliling untuk menghindari tangkapan petugas. Tapi saking gencarnya pembersihan pmks jalanan, akhirnya Makhroji dapat diamankan juga," Kepala Seksi Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda, saat dihubungi ROL, Ahad (18/5).

Makhroji (49 tahun) asal Brebes Jawa Tengah, menurut Miftahul sudah berapakali ditangkap dan sudah bolak balik keluar masuk panti sosial di Jakarta. "Sudah dua kali keluar masuk panti sosial bangun insan PSBI Kedoya dan Cipayung," kata dia.  Makhroji ditangkap lagi pada Sabtu (17/5).

Kata Miftah, pada waktu diamankan Makhroji marah marah dan tidak mau diajak bicara. Apalagi ketikan ditanya nama dan alamatnya Makhroji tidak mau menjawab. Tetapi sesampainya di PSBI Cipayung akhirnya dia mau menyampaikan data dirinya.

Makhroji dalam aksinya kata Miftah berpura-pura lumpuh, cara mengemis Makhroji sehari-harinya denga naik roda dengan dikayuh dua tangannya. Selama mengemis, Makhroji tidak ada yang membantu seperti para PMKS yang berpura-pura cacat untuk mengemis.  "Makhroji beroperasinya sendirian tidak ada teman yang mendorongnya," katanya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA