Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

DKI Jakarta Butuh 800 Truk Sampah

Kamis 02 Oct 2014 17:51 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Petugas kebersihan memilah sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kawasan Pangadegan, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (20/8). (Republika/Raisan Al Farisi)

Petugas kebersihan memilah sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kawasan Pangadegan, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (20/8). (Republika/Raisan Al Farisi)

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas Kusumadewi mengatakan untuk menanggulangi sampah di Jakarta maka dalam sehari dibutuhkan sekitar 800 truk pengangkut.

"Sampah kota Jakarta dalam sehari sekitar enam ribu sampai tujuh ribu ton sehingga dengan demikian Dinas Kebersihan membutuhkan sekitar 800 unit truk untuk mengangkut sampah ke tempat penampungan," kata dia di Jakarta, Kamis (2/10).

Ia mengatakan untuk melayani masyarakat, Dinas Kebersihan telah meremajakan secara bertahap truk sampah karena mayoritas truk yang biasa dioperasikan telah berumur 15-30 tahun.

"Peremajaannya sudah dari tahun lalu. Pada tahun ini berjumlah sekitar 200 unit dan mudah-mudahan tahun 2016 sudah selesai semua sehingga bisa digunakan dengan baik," katanya.

Untuk mengatasi kekurangan armada truk mengangkut sampah di ibukota, pihaknya masih akan menyewa truk swasta hingga semua peremajaan selesai.

Ia menambahkan Dinas Kebersihan DKI Jakarta telah menerima hibah 80 truk sampah dari program tanggung jawab sosial perusahaan.

"Setiap hibah truk yang kami terima sangat membantu untuk menutupi truk yang sedang dalam peremajaan," katanya.

Berdasarkan data, Dinas kebersihan DKI Jakarta memiliki 826 unit truk pengangkut sampah. Pada 2013 meremajakan 92 unit, dan pada 2014 sebanyak 285 unit truk.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA